Karimun, Lendoot.com – Kepolisian Resor Karimun geser pasukan amankan 38 Gereja di Kabupaten Karimun menjelang Natal dan Tahun Baru 2020. Sebanyak 2 hingga 3 Polisi disiagakan pada setiap gereja untuk melakukan pengamanan saat berjalannya Misa, Selasa (24/12/2019) malam.

Sejumlah 176 Polisi dan 30 Personil TNI telah disiagakan sejak sore hari. Mereka akan melakukan sterilisasi sebelum jemaat melakukan ibadah pada malam misa nanti.

Kapolres Karimun AKBP Yos Guntur Fauris Susanto melalui Kabag Ops Polres Karimun Mukharom mengatakan, ada sebanyak 38 dari 40 gereja dilakukan pengamanan pada malam misa nanti. Hal itu bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan umat kristiani dalam menjalani ibadah.

“Sore ini kita gelar geser pasukan untuk pengamanan malam Natal. Ada 176 personil polisi dibantu 30 personil TNI yang lakukan pengamanan,” kata Mukharom usai pimpin Apel Geser Pasukan di Mapolres Karimun, Selasa (24/12/2019).

Ia menyebutkan, setiap gereja akan ada 2 sampai 3 personil yang melakukan pengamanan, tergantung tingkat keramaiannya nanti. Selain itu, dalam pelaksanaan tugas, para personil dibekali Body Detector, metal detector dan tongkat.

“Tidak ada senjata, kita hanya menggunakan tongkat. Selain itu juga ada Metal Detector untuk melakukan sterilisasi terhadap masyarakat yang masuk mengikuti ibadah di gereja,” katanya.

Ia mengatakan, sejauh ini untuk kondisi di lapangan berjalan kondusif dan lancar. Para petugas selain diturunkan mengamankan gereja, juga diturunkan mengamankan objek vital di Karinun.

“Sejauh ini aman terkendali, masih kondusif. Pengamanan juga kita lakukan di kawasan objek vital,” katanya.

Sebelumnya, Polres Karimun melaksanakan kegiatan apel gelar pasukan dalam rangka kesiapan operasi lilin seligi tahun 2019 yang dilaksanakan di halaman Mapolres Karimun, Kamis (19/12/2019).

Kapolres Karimun AKBP Yos Guntur mengatakan,  Polres Karimun menurunkan sebanyak 284 personil untuk melakukan pengamanan di sejumlah objek vital di Karimun. Selain Polri, turut dilibatkan personil TNI, Instansi Pemerintah dan Organisasi Masyarakat.

“Untuk personil dari Polri sendiri kita mengerahkan sebanyak 284 personil. Kemudian kita juga melibatkan dari TNI, baik TNI AD, TNI AL, Pomad, Pomal dan dinas terkait yaitu Dinas Perhubungan, Jasa Raharja, Dinas Kesehatan, Satpol PP, Ormas dan Anak-anak Pramuka,” kata Yos Guntur, Kamis (19/12/2019).

Kapolres menjelaskan, kegiatan ini bertujuan menunjukkan kepada masyarakat bahwa Polri dalam hal ini Polres Karimun siap melakukan pengamanan saat perayaan Natal 2019 dan tahun baru 2020.

“Kita bersama unsur terkait siap amankan libur Natal dan Tahun Baru ini,” katanya. (ricky robiansyah)