Suasana penghitungan suara di PPK, kemarin. (rko)

Karimun, Lendoot.com –  Proses perhitungan suara tingkat Kecamatan di Kabupaten Karimun dimulai hari ini, Jumat (11/12/2020).

Dijadwalkan, Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) di seluruh wilayah Karimun akan menggelar sidang pleno perhitungan perolehan suara untuk pemilihan Kepala Daerah serentak.

Lalu, banyak yang bertanya siapa saat ini perolehan suara tertinggi dan unggul, atau sudahkah dapat diketahui pemenangnya?

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun, Eko Purwandoko menjawab, hasil perolehan suara masing-masing kandidat baru akan disampaikan secara sah, setelah dilakukan pleno di tingkat KPU.

Artinya, apapun klaim yang disampaikan oleh masing-masing calon baik nomor urut 1 ataupun 2, belum dapat dinyatakan sah selain data dari KPU.

“Ya tunggu real count dari KPU, baru dinyatakan sah,” kata Eko, Kamis (10/12_2020).

Eko mengatakan, pleno dilakukan secara berjenjang setelah dari PPS, maka akan dititipkan di PPK untuk kemudian dilakukan pleno pada masing-masing PPK.

“Besok pleno di tingkat PPK serentak di 12 Kecamatan se Kabupaten Karimun. Kalau masing-masing paslon mau data yang real dari KPU, tunggu hasil pleno kami,” katanya.

Ia mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan waktu pleno di tingkat kabupaten nanti. Karena masih menunggu proses Pleno di PPK selesai.

“Kita masih menunggu, rencana tanggal 14 atau 17,” katanya.

Seperti diketahui, tahapan pemungutan suara pencoblosan Pilbup Karimun dan Pilgub Kepri baru saja selesai dilakukan, Rabu (9/12/2020). Dari dua pasangan calon yang bertarung memperebutkan kursi kepala daerah, masing masing mengklaim sebagai pemenang dan meraih suara lebih unggul meski menang tipis.(rko)