Karimun, Lendoot.com – Ditengah wabah Virus Corona atau Covid-19 di seluruh Indonesia bahkan segala penjuru dunia saat ini, mengharuskan masyarakat harus menjaga kesehatan secara menyeluruh.

Salah satunya, masyarakat harus menggunakan masker kemanapun ia pergi. Namun, masker yang saat ini menjadi kebutuhan masyarakat untuk mencegah virus yang mematikan itu langka didapat.

Terlebih di Kabupaten Karimun, beberapa masyarakat masih banyak yang kesulitan untuk mendapatkan atau membeli masker tersebut.

Melihat kondisi tersebut, membuat Persatuan Urang Sunda Karimun (Pusaka) berinisiatif membuat masker sendiri menggunakan bahan kain yang lembut untuk dibagikan kepada masyarakat.

Bagi-bagi masker ini dilakukan di beberapa titik yang ada di wilayah Kolong, Sungai Lakam Timur, Kecamatan Karimun.

Ketua Pusaka Wrachma Rachladi Adji mengatakan, ada sebanyak 50 lebih masker yang dibagikan ke masyarakat tersebut merupakan kegiatan spontanitas melihat sulitnya mendapatkan masker di Karimun saat ini.

“Ini kegiatan spontan, karena kita melihat masker sulit ya kita temukan. Jadi hari ini kita membagikan sekitar 50 masker ke masyarakat. Masker itu kita sendiri yang buat dengan cara menjahit,” katanya, Kamis (26/3/2020) sore.

Pria yang akrab disapa kang Adji ini menambahkan, ada empat pengerajin masker tersebut didalam Pusaka saat ini juga tengah membuat masker yang nantinya akan di kirim ke Singapura.

“Bagi-bagi masker ini gratis. Niat kita membantu pemerintah dalam upaya mencegah virus corona dan tidak ada maksud apa-apa. Alhamdulillah pengerajin kami sedang mengerjakan pesanan masker dari Singapura,” ujarnya. (rnd)