Karimun, Lendoot.com – Dalam rangka memperingati Hari Ikan Nasional (Harkanas) 2019, Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kabupaten Karimun menggelar kegiatan gerakan edukasi.

Kegiatan ini dilaksanakan di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan KB Andini Kecamatan Karimun, Kamis (28/11/2019) kemarin.

Kegiatan ini juga disejalankan dengan HUT Himpaudi ke-14 dan rapat kerja PC Himpaudi se-Kabupaten Karimun dengan mengadakan beberapa perlombaan seperti lomba menyanyi hymne dan mars Himpaudi, memasak, menyusun biji-bijian dan lomba alat permainan edukatif.

“Kegiatan ini merupakan tahun pertama dilakukan dengan mengangkat tema ikan dengan berbagai perlombaan yang diikuti oleh seluruh peserta didik, paguyuban dan para pendidik se-Kabupaten Karimun,” kata Ketua Himpaudi Kabupaten Karimun, Nyimas Novi Ujiani.

Nyimas Novi menjelaskan, mengapa mengangkat tema ikan, menurutnya Kabupaten Karimun merupakan daerah penghasil ikan, sehingga perlu dibuat gerakan agar anak-anak PAUD gemar makan ikan.

“Memasyarakatkan gerakan makan ikan ini perlu, oleh karena itu kita kemas dengan berbagai perlombaan yang temanya tentang ikan,” katanya.

Nyimas Novi juga mengatakan, Himpaudi Kabupaten Karimun ini sudah membuat MoU dengan Kementerian Kelautan. Sehingga menjadi program kegiatan yang diagenda oleh pemerintah daerah dan DPRD Kabupaten Karimun yaitu dibawah kemitraan Komisi III DPRD Kabupaten Karimun.

“Kegiatan hari ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama kemarin. Sebelumnya pada 21 November kemarin kami juga sudah melaksanakan ini di masing-masing lembaga. Hari ini kita lanjutkan dengan berbaur menjadi satu oleh semua PAUD dibawah naungan Himpaudi dalam tingkat Kabupaten,” ujarnya.

Sementara, Wakil Bupai Karimun Anwar Hasyim yang membuka kegiatan tersebut menambahkan, generasi kedepan harus lebih berkualitas, tentunya dengan sentuhan tangan para guru-guru atau tenaga kependidikan.

Dengan mengangkat tema ikan ini, ia menilai banyak sisi positif yang bisa diambil, seperti bagaimana memanfaatkan ikan secara benar, sehingga bisa dikonsumsi sebagai makanan tambahan bagi anak-anak.

“Para guru berpikir bagaimana anak-anak bisa berprestasi, ini juga bagian dari keterlibatan dalam pembangunan di Kabupaten Karimun. Selamat HUT Himpaudi ke 14 dan semoga sukses dalam raker yang digelar,” tambah Anwar. (riandi)