Penulis: Dinda El Vira, Mahasiswa STIE Pembangunan Tanjung Pinang

Menjadi seorang pemimpin dan kepemimpinan dalam sebuah organisasi atau perusahaan maka banyak cara yang harus dilakukan agar perusahaan atau organisasi yang kita bangun akan membawa perubahan di masa yang akan datang dengan caranya masing-masing.

Seorang pemimpin yang cerdas pasti bisa menciptakan perubahan dengan tanggungjawab, memiliki visi misi dan tujuan yang akan dicapainya. Untuk menjadi seorang pemimpin yang berprofesional tidak menggubah dirinya sendiri, akan tetapi  caranya sendiri untuk membuat tindakan yang lebih baik.

Gaya seorang pemimpin dilihat dari dalam sikap dan caranya menghadapi sesuatu, apa yang membuatnya senang maka ia lakukan itu demi sebuah perusahaan atau organisasi yang ia pimpin untuk menunjukkan kesuksesan tapi sebaliknya jika ia senang untuk dirinya sendiri maka perusahaan yang ia pimpin akan anjlok dan tidak berada dipuncaknya untuk saat ini.

Pemimpin yang hebat akan selalu memberikan motivasi, dukungan terhadap anak buahnya yang selalu terampil akan menunjukkan kesuksesan dan memberikan semangat kepada anak buahnya dan seorang pemimpin hanya melihat atau memantau apa saja perkembangan keadaan yang pada saat ini.

Kepemimpinan juga dilihat oleh sifat dan tindakan apa akan lebih masuk dan menerapkan prinsip yang dilakukan didalam sebuah organisasi dan perusahaan yang kita jalankan saat ini untuk masa depan yang akan datang.

Di dalam sebuah organisasi pemimpin harus menyangkut di dalam sebuah pekerjaan untuk memenuhi tujuan yang akan dipenuhi dalam perusahaan yang akan menyelesaikan pekerjaan yang dibuat bersama anak buah atau tim dan dalam pekerjaan harus menyangkut sikap dan perbuatan bekerja dengan baik terhadap sesama.

Nah, pemimpin yang efektif yaitu yang memiliki kemampuan dalam memiliki visi dan misi yang jelas untuk dimasa depan dan kemampuan untuk seorang pemimpin untuk mengispirasi di setiap orang. Banyak cara yang dilakukan seorang pemimpin yang efektif, seorang pemimpin juga harus sadar dalam kesalahan dan masalah yang dihadapinya yaitu seorang pemimpin harus tepat waktu datang ke kantor dan selalu membagikan tujuan untuk membangun kesuksesan bersama.

 Seorang pemimpin atau kepemimpinan yang baik pasti tau bagaimana menentukan sasaran yang tepat dan strategis maupun pandai dalam menentukan mana yang baik dan mana yang tidak didalam sebuah perusahaan atau organisasi jika tujuan tidak tepat pada sasarannya.

Di samping itu pemimpin dan kepemimpinan yang profesional harus menunjukkan sikap dan nilai-nilai sebagai seorang pemimpin dengan kebenaran terhadap anak buah atau sesama yang lain, kejujuran itu yang paling utama dalam sebuah organisasi, ketelitian terhadap pekerjaan yang anda lakukan didalam pekerjaan, keterbukaan terhadap satu sama lain, tidak memihak satu sama lain dan lain sebagainnya. Dan landasan bagi seorang pemimpin dan anak buahnya dalam bekerja sama yaitu saling percaya satu sama lain dan tidak membuat kecurangan dalam keadaan apapun.

Nah, berbicara seorang pemimpin dan kepemimpinan di atas kita akan melihat seorang pemimpin yang inspiratif yaitu Bacharuddin Jusuf Habibie atau yang sering  biasa disapa B.J Habibie. B.J Habibie adalah preside ketiga republik indonesia yang mempunyai banyak pengalan dalam memimpin, siapa yang tidak mengenal seorang B.J Habibie seorang insinyur kontruksi pesawat terbang dan doktor teknologi tinggi. Dalam menjadi pemimpin B.J Habibie sangat lah berbeda.

Dalam melakukan pekerjaan B.J Habibie juga berpegang pada prinsip yaitu “bersikaplah rasional bertindaklah konsisten dan berlaku adil”. Dalam prinsip itu pemimpin harus bertindak konsisten kepada bawahannya dan berlaku adil kepada bawahan tidak membeda-bedakan satu sama lain. B.J Habibie juga memiliki integritas yang sangat tinggi dan juga kaya akan pengetahuannya.

B.J Habibie juga berprestasi di bidang teknologi, terutama di penerbangan, ia juga terlibat dalam pembuatan pesawat dan menciptakan sebuah pesawat yang sangat canggih dan tidak pada pesawat umumnya.

Sedangkan dilihat dari kepribadiannya B.J Habibie juga memiliki karakteristik yang disiplin, pekerja keras, tempramental dan juga keras kepala. Ia juga seorang yang sangat rendah hati, idealis namun juga memiliki jiwa seni yang sangat tinggi.

Keteladaanya seorang B.J Habibie yang patut untuk kita contoh jika kita ingin menjadi seorang pemimpin yang inspiratif, profesional dan sebagainnya. Kita akan melihat dari keteladanan seorang B.J Habibie yaitu, memiliki tekad yang kuat untuk menggapai apa yang kita inginkan seperti cita-cita kita yang sangat tinggi, kejujuran, disiplin, berani dan profesional, fokus, dan berpeprinsip.

Untuk menjadi seorang pemimpin tidak lah mudah banyak lika-liku yang harus dihadapi jatuh-bangun yang harus kita lewati. Menjadi pemimpin tidaklah langsung instan banyak rintangan yang harus kita lewati, menjadi pemimpin harus memiliki jiwa yang kuat agar kita tidak mudah down saat seseorang ingin menjatuhi kita.

Seorang pemimpin harus mencontoh keteladanan seorang B.J Habibie tetapi jangan semua kita ikuti, kita sebagai seorang pemimpin harus memiliki prinsip sendiri dan mempunyai kemampuan dan pengetahuan yang sangat tinggi dan luas.

Dalam keteladanan seorang B.J Habibie kejujuran sangatlah penting dalam berorganisasi, disiplin dalam pekerjaan dan saat berinteraksi kepada seseorang seperti klien, berani dalam mengambil keputusan apapun, fokus terhadap pekerjaan dan harus berpegang pada prinsip. Sebab prinsip yang mementukan apa yang harus kita jalankan, jika prinsip yang kita buat tidak dipakai maka kita akan kebingungan saat apa yang harus kita kerjakan. Maka dari itu pemimpin yang baik harus tau tentang kelebihan dan kekurang bahawan.

Dari cerminan seorang B.J Habibie sikap pemimpin dapat dijadikan pelajaran dan contoh untuk para penerus generasi mengenai sikap-sikap positif yang dapat memperkokoh diri kita untuk menjadi seorang pemimpin.

Yakni, menjadi pemimpin yang bertanggung jawab kepada tugas yang kita jalani sebagai seorang pemimpin, profesional dalam melalukan pekerjaan dan memiliki prinsip-prinsip untuk menentukan apa yang harus dijalankan dengan baik untuk membuat sebuah oraganisasi atau perusahaan yang kita jalankan saat ini dan yang akan datang memenuhi tujuan yang kita buat pada sebelummnya.

Maka dari itu seorang pemimpin yang hebat pasti tau cara yang baik untuk mambangun sebuah organisasi dan perusahaan yang maju dan berkembang untuk membuat klien yang banyak agar perusahaan tau mana yang baik dan yang tidak. Membuat perusahaan yang maju tidaklah mudah sehingga perlu adanya kerja sama dan membuat tim yang sangat baik. (*)