Lantik 37 Kepala Desa, Bupati Natuna Beri Pesan Kades agar Lebih Kreatif

Bupati Natuna, Wan Siswandi saat mengambil sumpah Kades terpilih. (arira)

Natuna, Lendoot.com – Bupati Natuna Wan Siswandi menyampaikan pesan kepada para kepala desa (Kades) terpilih dapat menjalankan tugas pokok dan fungsi jabatannya dengan sebaik-baiknya.

Wan Siswandi juga berpesan agar para Kades agar dapat lebih kreatif saat membangun desanya dengan berkordinasi dengan BPD (badan perwakilan daerah), bawahannya di kantor desa dan bersama masyarakat.

Ini disampaikanya saat melantik dan mengambil sumpah jabatan 37 Kades terpilih periode 2023-2029, dari hasil pemilihan Kades serentak  pada 28 November 2022.

“Jangan ada lagi pro dan kontra, baik pendukung maupun bukan, Anda sudah menjadi Kepala Desa semuanya sama, mentang-mentang kades baru malah tidak sejalan dengan BPD dan bawahan Anda di desa, ini sangat tidak baik bahkan dapat menyebabkan roda pemerintahan tidak berjalan,” pesannya seperti dikutip dari ariranews, Kamis (19/1/2023).

Pelantikan ini berdasarkan Surat Keputusan Bupati Natuna nomor 442 tahun 2022 tentang pengangkatan Kades terpilih tahun 2022.

Wan Siswandi juga berharap, sejatinya kades baru dapat lebih memberikan energi baru dengan gebrakan-gebrakan baru pula.

“Perkembangan suatu wilayah akan lebih cepat jika desa-desa dapat memanfaatkan segala potensi yang ada, untuk itu besar harapan saya setelah dilantik hari ini para kades langsung bekerja agar apa yang menjadi visi dan misi dapat di raih,” harapnya.

Pada kesempatan itu, Wan Siswandi juga menyinggung bahwa keuangan daerah hingga saat ini masih belum stabil dan tidak berbeda jauh dari tahun sebelumnya.

“Untuk itulah kembali lagi saya katakan, bahwa kepala desa sebagai bagian dari pemerintahan, harus dapat memaksimalkan segala potensi yang ada di desa-desa bukan hanya bergantung pada dana dari pemerintah pusat saja, mari kita cari dan gali potensi yang dianggap potensial sehingga pembangunan dapat di lakukan dengan lebih baik lagi,” ujarnya.

Wan Siswandi juga mengingatkan, kepada seluruh kades bahwa ada tanggung jawab besar di balik pelantikan yang dilaksanakan hari ini.

“Anda baru saja menjadi pemimpin di desa masing-masing, jangan merasa bangga diri apalagi hingga melupakan orang-orang sekitar seperti keluarga dan kerabat tetapi tetaplah merendah karena jabatan adalah titipan,” ucapnya. (*/dan)