Karimun, Lendoot.com – Lanal Tanjung Balai Karimun (Lanal TBK) bagikan 103 paket sembako kepada Buruh bongkar muat dan Porter di pelabuhan Karimun, Kamis (4/1/2021).

Bantuan sembako itu diberikan dalam rangka meringankan beban Pekerja Pelabuhan ditengah Pandemi Covid-19 di Kabupaten Karimun.

Penyerahan secara simbolis langsung diserahkan oleh Danlanal Karimun Letkol Laut (P) Maswedi M.Tr Opsla selaku Ketua Tim Satgas Laut Penanganan dan Pencegahan Covid- 19 di Kabupaten Karimun.

“Pemberian sembako ini sebagai bentuk kepedulian Kita terhadap Pekerja Pelabuhan. Dimana, ditengah pandemi ini mereka juga ikut terdampak,” kata Letkol Maswedi, Kamis (4/1/2021).

Adapun sasaran pemberian sembako ini teruntuk Buruh bongkar muat di Pelabuhan Taman bunga dan dua Pelabuhan antar Pulau diantaranya, Porter Pelabuhan Domestik Tanjung Balai Karimun dan Porter Pelabuhan Sri Tanjung Gelam (KPK).

“Para Pekerja Pelabuhan tentunya sangat terdampak. Lihat saja pelabuhan saat ini sangat sepi, pastinya ikut juga berpengaruh terhadap penghasilan mereka,” katanya.

Ia mengatakan, paket sembako yang diberikan ini berjumlah 103 paket yang dibagikan kepada 77 buruh bongkar muat di pelabuhan taman bunga, 13 porter di pelabuhan Karimun dan 13 porter di Pelabuhan Sri Tanjung Gelam.

“Ini sebagai bentuk kontribusi Lanal Karimun untuk membantu masyarakat terdampak secara ekonomi. Ini baru tahap awal yang kita lakukan di lingkungan terdekat dengan Lanal Tanjung Balai Karimun, kedepan kegiatan seperti ini akan dilakukan dengan sasaran petugas kebersihan dan pedagang kecil,” ujarnya.

Letkol Maswedi mengatakan, dipilihnya pekerja pelabuhan itu juga karena pihaknya melihat langsung kondisi di lapangan yang sangat terdampak dengan adanya pandemi ini.

“Saya sering sidak di pelabuhan dan melihat langsung kegiatan bongkar muat, dan keluar masuk kapal yang relatif sepi, sehingga timbul rasa kepedulian untuk memberikan paket sembako kepada Buruh dan Porter Pelabuhan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Porter Pelabuhan Domestik Tanjungbalai Karimun Rudi Hardianto (42) mengucapkan terimakasih kepada Danlanal Karimun atas perhatiannya kepada porter ditengah kondisi pandemi Covid- 19 seperti ini.

“Terimakasih kepada pak Danlanal”, atas perhatiannya kepada Porter Pelabuhan. Saat kondisi pandemi Covid- 19 ini aktifitas Kapal keluar masuk di Pelabuhan sangat sepi, sehingga penghasilan sangat berkurang jauh. Alhamdulillah, Kami semua diberi paket sembako oleh Pak Danlanal, sangat berguna untuk kebutuhan hidup dirumah,” kata Rudi. (rko)