Kapal Dumai Express 15 saat sandar di dermaga Pelabuhan Tanjungbalai Karimun
Ilustrasi Kapal Dumai Express 15 saat sandar di dermaga Pelabuhan Tanjungbalai Karimun (Ist)

Karimun, Lendoot.com – Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjungbalai Karimun bakal menerapkan sistem penjualan tiket kapal secara online, atau disebut dengan e-Ticketing.

Kepala KSOP Tanjungbalai Karimun, Junaidi mengatakan, penerapan e-Ticketing dimaksud untuk memberikan kemudahan kepada pengguna jasa, dalam hal ini calon penumpang.

“Masih dalam persiapan. Setelahnya nanti akan kita lakukan uji coba dan semua bisa membeli tiket melalui handphone,” kata Junaidi, Jumat (26/7/2019).

Dijelaskan Junaidi, sistim e Ticketing sifatnya akan lebih memberikan kemudahan dalam kepastian para calon penumpang utnuk berangkat, sehingga bisa diatur sendiri sebelum ke pelabuhan.

“Misalnya kita mau ke Batam besok, kita boleh memesan tiket dari hari ini,” katanya.

Namun menurut Junaidi, salah satu tujuan utama penerapan tiket elektronik adalah, agar manifest selalu sama, antara yang beli tiket dengan yang diatas kapal,” jelasnya.

Dia menambahkan, perlunya dilakukan sistim tiket elektronik, dikarenakan dalam kondisi tertentu sering tidak terkontrol.

“Sehingga dengan e-Ticketing kita bisa menertibkan dan memberikan kenyamanan bagi pengguna jasa,” ungkap Junaidi. (kmg/trirahardi)