Astaqa STQ Kundur di Gedung Islamic Center, Kuncur. (internet)

Karimun, Lendoot.com – Pemerintah Kabupaten Karimun akan menggelar Seleksi Tilawatil Quran (STQ) 2021. Pelaksanaannya di Kecamatan Kundur sekaligus sebagai tuan rumah pelaksanaannya.

Meski di tengah pandemi Covid-19, acara keagamaan dua tahunan itu tetap diselenggaran, namun jalannya acara akan berbeda daripada tahun-tahun sebelumnya. Jika STQ 2019 lalu ada Pawai Ta’aruf dan pameran atau bazar, STQ tahun ini ditiadakan.

Bahkan, acara malam pembukaan dan penutupan STQ yang biasanya digelar di lapangan terbuka, kini harus digelar di dalam ruangan dengan jumlah undangan terbatas.

“Acara tanpa pawai dan bazar. Acaranya juga di dalam ruangan dengan jumlah undangan terbatas, sesuai anjuran tim gugus tugas,” kata Irwan Dinovri, Kabag Kesra Setdakab Karimun, Sabtu (13/3/2021).

Selain itu, cabang yang diperlombakan pada STQ kali ini, baik kecamatan dan kabupaten juga berbeda dari tahun sebelumnya.

Untuk tingkat kecamatan akan memperlombakan cabang Tahfidz atau Tartil, Tahfidz Al-Qur’an, Fahmil Al-Qur’an dan Syarhil Al-Qur’an.

Kemudian, STQ tingkat kabupaten akan memperlombakan Tilawah Al-Qur’an, Tahfidz Al-Qur’an, Tafsir Bahasa Arab dan Hadist. (msa)