Karimun, Lendoot.com – Masa pamdemi corona membuat TKI asal Kabupaten Karimun yang kini kembali ke daerahnya, menjadi perhatian pemerintah daerah.

Untuk TKI dari Karimun khususnya, kartu pra kerja ada solusi berupa kartu pra kerja. Seperti diungkapkan Bupati Karimun Aunur Rafiq, sudah dipersiapkan khusus TKI tersebut.

“Pemerintah daerah melalui Disnaker Kabupaten Karimun telah mempersiapkan kartu pra kerja bagi TKI,” ujar Rafiq kepada Lendoot.com, siang tadi.

Progam kartu pra kerja adalah program pengembangan kompetisi kerja yang tujukan untuk pekerja atau buruh yang terkena pemutusan hubungan Kerja (PHK) yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

“Program ini diberikan dalam bentuk pelatihan, insentif dan sertifikasi pelatihan. Untuk tahap awal penerima kartu pra kerja diprioritaskan bagi pekerja yang terkena PHK atau dirumahkan akibat pandemi Covid-l9,” jelasnya.

Rafiq menambahkan, bahwa prpgram kartu pra kerja ini sudah dibuka. Untuk mendapatkan kartu pra kerja ini, calon penerima diwajibkan mendaftarkn diri pada program kartu pra kerja secara daring melalui situs resmi program Pra Kerja (http://prakerja.go.id)

Peserta program kartu pra kerja nantinya bisa memilih langsung pelatihan atau kursus yang disiapkan pemerintah.

“Program kartu pra kerja ini difasilitasi dengan pelatihan vokasi seperti keterampilan di bidang manufaktur, parawisata, ekonomi digital yang akan disediakan oleh lembaga pelatihan yang dimiliki swasta, BUMN, BUMD maupun pemerintah,” tambahnya.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Karimun akan menutup pintu masuk bagi warga yang bukan masyarakat Karimun yang hendak mencari pekerjaan.

Kebijakan ini disampaikan Bupati Karimun Aunur Rafiq belum lama ini guna memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Karimun.

“Saya berpesan kepada masyarkat yang ingin datang ke Kabupaten yang semata-mata ingin mencari pekerjaan, Kami Pemeritah Daerah sementara waktu akan menutup pintu masuk,” ujarnya. (rnd)