Karimun Kekurangan Kontainer Sampah

Karimun, Lendoot.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Karimun kekurangan kontainer atau tempat penampungan sementara sampah- sampah rumah tangga.

Saat ini, DLH Karimun hanya memiliki sebanyak 33 unit kontainer sampah yang tersebar di pulau Karimun. Jumlah tersebut belum dapat menampung sampah- sampah rumah tangga di Karimun yang mencapai 50 ton perharinya.

“Masih kurang untuk menampung sampah- sampah rumah tangga di Karimun. Banyak kontainer kami yang telah rusak, karena terbuat dari besi dan mudah berkarat,” kata Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karimun Riyanta ditemui saat menghadiri kegiatan Musrenbang Kecamatan Tebing, Rabu (26/1/2023) kemarin.

Ia menyebutkan, untuk memenuhi kebutuhan kontainer, pihaknya meminta bantuan kepada perusahaan- perusahaan di Karimun untuk dapat membantu.

Seperti baru- baru ini, DLH mendapatkan bantuan 5 unit kontainer sampah dari Bank Riau Kepri Syariah untuk membantu mencukupi kebutuhan kontainer.

“Kemarin dapat bantuan 5 unit, jadi totalnya 33 unit yang ada, tetapi menurut saya itu belum cukup. Bahkan sejumlah perumahan- perumahan, secara swadaya membuat kontainer sendiri untuk tempat penampungan sementara, akan tetapi belum dapat mengatasi masalah itu,” katanya.

Riyanta mengatakan, untuk pengadaan kontainer dari DLH Karimun pihaknya telah melakukan pengusulan. Akan tetapi, terealisasi atau tidaknya, semua tergantung dari kemampuan keuangan daerah.

“Kalau memang anggaran ada, bisa dilakukan penambahan. Kami juga berharap ini bisa masuk dalam usulan masyarakat dalam Musrenbang, sehingga menjadi pondasi kami dalam pengadaan nanti,” katanya.

(rko)