Karimun, Lendoot.com – Kakek 90 tahun reaktif Covid- 19 hasil pemeriksaan rapid test dipastikan positif terpapar corona. Hal itu diketahui setelah Balai Teknis Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Kota Batam menyelesaikan hasil Polymerase chain reaction (PCR) terhadap pasien, Kamis (23/4/2020).

Pasien Positif terpapar Covid-19 itu saat ini berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan sedang dalam perawatan medis di RSUD Muhammad Sani.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun Rachmadi mengatakan, pasien tersebut terkonfirmasi positif Covid-19 setelah menjalani pemeriksaan PCR sebanyak 2 kali sejak statusnya PDP.

“Iya benar satu orang positif Covid-19. Kita melakukan dua kali PCR terhadapnya dan hasil keduanya positif,” kata Rachmadi, Kamis (23/4/2020).

Rachmadi mengatakan, sebelum terkonfirmasi positif Covid-19, kakek berusia 90 tahun itu telah menjalani rapid test dengan hasil reaktif Corona.

Selain pasien tersebut, 4 orang anggota keluarga yang kontak langsung dengannya (Pasein) menjalani rapid test dan hasilnya mereka juga reaktif Covid-19.

“Anaknya 2 orang, menantunya 1 orang dan Cucunya 1 orang. Mereka berempat juga reaktif corona berdasarkan rapid test, dan saat ini sedang menunggu hasil PCR mereka,” katanya.

Ia mengatakan, keempat pasien yang kontak langsung dengan pasien positif corona itu saat jni telah menjalani isolasi di fasilitas kesehatan khusus Covid-19 di Puskesmas Meral Barat.

Lanjutnya, 4 yang reaktif tersebut merupakan orang tanpa gejala (OTG). Namun, karena salah satu keluarga mereka ada yang reaktif maka keluarga mereka juga dilakukan rapid test.

“Rapid test tidak hanya dilakukan kepada orang yang memiliki gejala saja, ada juga karena faktor resiko seperti yang 4 orang ini, karena ada keluarganya reaktif makanya mereka juga dilakukan rapid test,” katanya.(rk)