Susi Air Kembali Layani Penerbangan Rute Karimun Pekanbaru
Susi Air Kembali Layani Penerbangan Rute Karimun Pekanbaru (ian)

Karimun, Lendoot.com – Kabut asap yang terjadi di Pekanbaru, Provinsi Riau berdampak terhadap ternganggunya jadwal penerbangan maskapai Susi Air di Kabupaten Karimun Provinsi Kepri, Selasa (17/9/2019).

Dalam kurun waktu seminggu, Maskapai Susi Air telah membatalkan dua kali jadwal penerbangan ke Karimun. Hal itu, disebabkan pendeknya jarak pandang diakibatkan asap kabut yang menyelimuti Provinsi Riau dan Provinsi Kepri belakangan ini.

Kepala Bandara Raja Haji Abdullah Fanani Zuhri mengatakan, pada Selasa (17/9/2019) siang, maskapai Susi Air kembali membatalkan keberangkatan ke Karimun disebabkan kabut asap.

“Informasi kita terima sekira 11.28 tadi dari maskapai. Kabut asap tebal dan membahayakan penerbangan sehingga dibatalkan,” kata Fanani, Selasa (17/9/2019).

Ia mengatakan, kabut asap yang terjadi berdampak terhadap penerbangan satu-satunya di Karimun. Sebelumnya, diakibatkan kabut asap di Karimun dan Dabo Singkep semakin tebal, rute Susi Air Dabo tujuan Karimun di batalkan.

“Hari Sabtu kemarin dibatalkan, karena kondisi kabut asap di Dabo dan Karimun membahayakan penerbangan. Sedangkan untuk Pekanbaru-Karimun Senin (16/9/2019) sempat delai 1 jam 40 menit dan hari ini selasa dibatalkan,” katanya.

Fanani mengatakan, kondisi seperti ini belum diketahui sampai kapan, karena tergantung dari kabut asap yang terjadi di Riau.

“Belum tau sampai kapan, kita sudah memberitahukan kepada calon penumpang soal pembatalan ini dan dimaklumi. Lihat kondisi kabut asap, apabila sudah normal kembali mungkin sudah dapat beroperasi seperti biasa,” katanya.

Terkait pembatalan, Fanani menyampaikan akan mendapatkan informasi dua jam sebelum jadwal sehingga baru dapat diketahui dan di kabarkan kepada calon penumpang. (ricky robiansyah)