Telunas Resor yang berada di Pulau Sugi Kecamatan Moro. Pulau ini rencananya akan ada kecamatan sendiri terpisah dari kecamatan induknya, Kecamatan Moro. (sumber foto: Inew ID)

Karimun, Lendoot.com – Pemerintah Kabupaten Karimun usulkan pemekaran kecamatan baru di wilayah Kabupaten Karimun. Rencananya akan ada tambahan dua kecamatan baru jika usulan ini diterima.

Pembahasan terhadap usulan dua Kecamatan baru iyu disampaikan dalam sidang paripurna Ranperda usulan pemekaran wilayah, yang digelar di DPRD Kabupaten Karimun, Senin (10/8/2020) sore.

Nantinya, dengan adanya penambahan dua kecamatan baru tersebut, total seluruh Kecamatan di wilayah Kabupaten Karimun berjumlah 14.

Ketua Pansus Ranperda usulan pemekaran wilayah, Samsul mengatakan, dua Kecamatan yang akan dimekarkan adalah Kecamatan Sugie besar yang merupakan Kecamatan Moro, dan Kecamatan Selat Gelam yang saat ini masih merupakan wilayah Kecamatan Karimun.

“Proses pemekaran Kecamatan Selat Gelam dan Kecamatan Sugie Besar, merupakan agenda yang memang sudah disusun sejak lama. Sebagaimana pemekaran yang pernah dilakukan dari sembilan Kecamatan jadi 12 Kecamatan. Artinya, dua cikal bakal Kecamatan baru ini sudah masuk pada agenda pemekaran sebelumnya,” kata Samsul dalam penyampaiannya dalam sidang Paripurna.

Samsul mengatakan, saat ini rencana pemekaran itu telah dalam pembahasan di tingkat Pansus. Kemudian dilanjutkan dengan studi banding, setelahnya dilakukan penataan dan kesiapan terhadap pemekaran Kecamatan baru.

“Tujuan dari pemekaran adalah agar pelayanan kepada masyarakat dapat semakin ditingkatkan. Dalam artian, dengan terbentuknya pemekaran dua Kecamatan tersebut nantinya, maka kemajuan di suatu daerah akan dapat di dorong,” kata Samsul.

Lanjut Samsul, Pemekaran Kecamatan ini juga untuk memangkas rencang kendali urusan kepemerintahan. Seperti misalnya jangkauan beberapa desa ke pemerintah induk Kecamatan sangat jauh. (rk)