Upacara peringatan HUT Korpri ke-47 di halaman kantor Bupati Karimun tadi pagi
Upacara peringatan HUT Korpri ke-47 di halaman kantor Bupati Karimun beberapa waktu lalu. (dok lendoot)

Karimun, Lendoot.com – Peringatan detik-detik Proklamasi di Kabupaten Karimun, ditiadakan untuk tahun ini. Dan perayaan  HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia juga dipastikan tidak akan berjalan meriah seperti tahun- tahun sebelumnya.

Tahun 2020, Pemerintah Kabupaten Karimun memastikan tidak akan menyenyelenggarakan upacara pengibaran bendera sang merah putih dan pesta rakyat dalam memeriahkan HUT RI ke-75.

Ketua DPRD Karimun Muhammad Yusuf Sirat mengatakan, Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih hanya akan dilaksanakan di Istana Negara di Jakarta. Sementara di daerah hanya mengikuti upacara secara virtual atau video conference.

“Detik- detik proklamasi di Karimun akan dilakukan secara virtual terpusat. Kita meniadakan upacara pengibaran bendera tahun ini, hanya mengikuti yang dipusat saja,” kata Yusuf Sirat, Kamis (13/8/2020).

Ia mengatakan, upacara HUT RI ke-75 akan dipusatkan di Gedung Serbaguna Kantor Bupati Karimun Jalan Jendrap Sudirman Poros.

“Digelar di Gedung Serba Kantor Bupati,” katanya.

Yusuf mengatakan, alasan Pemerintah Daerah meniadakan upacara detik- detik proklamasi ialah berlandaskan surat edaran dari Kementerian Pendayagunaan Apratur Negara Reformasi dan Birokrasi (Menpan RB), serta surat edaran Bupati Karimun, bahwa dalam situasi Covid 19 ini, perayaan HUT RI ke 75 tahun hanya dilaksanakan secara sederhana, yakni menggunakan sistem video daring dan terhubung ke Istana negara secara langsung.

“Tapi apapun alasannya pemerintah daerah tetap memperingati HUT RI pada 17 Agustus nanti secara hikmad. Walaupun secara sederhana, namun semangat kita tetap seperti biasa, bahkan tidak boleh hilang,” ujarnya. (rk)