Paslon Bupati dan Wakil Bupati Karimun, Aunur Rafiq-Anqwar Hasyim, foto diambil beberapa waktu lalu. (msa)

Karimun, Lendoot.com – Calon Bupati Karimun nomor urut 01 Aunur Rafiq mengaku siap jika Pilkada Karimun 2020 berujung gugatan ke Mahkamah Kontitusi (MK).

Perihal itu mengingat perolehan suara antara dua kandidat Pasangan Calon Bupati Karimun Nomor Urut 01 Aunur Rafiq-Anwar Hasyim dan Nomor Urut 02 Iskandarsyah-Anwar Abubakar yang hanya selisih puluhan suara.

Aunur Rafiq mengatakan, dirinya siap apabila pihak lawan akan menggugat hasil Perolehan Suara pihaknya pada Pilkada Karimun 2020 ini.

“Kami siap jika harus ke MK, mudah-mudahan hasil di MK nantinya juga akan sama dengan apa yang disuarakan oleh rakyat hari ini,” kata Rafiq dalam Konfrensi Pers di kediaman pribadinya, Minggu (13/12/2020).

Seperti diketahui, untuk kontestan yang tidak puas dengan hasil penghitungan suara, maka bisa mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).  Hal itu sesuai dengan Lampiran V Peraturan MK Nomor 6 Tahun 2020 tentang Beracara Dalam Perselisihan Hasil Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota. Peraturan ini adalah turunan dari UU terkait.

Adapun dalam Peraturan MK itu disebutkan, Kabupaten/Kota dengan jumlah penduduk kurang dari 250 ribu jiwa, bila selisih perolehan suara paling banyak sebesar 2 persen dari total suara sah dapat dilakukan gugatan MK.

Saat ini, hasil perhitungan tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) telah selesai dilakukan. Rencananya, hasil penghitungan perolehan suara itu akan dibahas dalam Sidang Pleno di tingkat Kabupaten pada 16 Desember mendatang.

Seperti diberitakan sebelumnya, kubu petahana Bupati Karimun Aunur Rafiq-Anwar Hasyim mengklaim keluar sebagai pemenang Pilkada Karimun 2020.

Kubu ARAH mengklaim menang tipis dengan selisih hanya 86 suara dari lawannya Paslon Nomor Urut 02 Iskandarsyah-Anwar Abubakar.

ARAH klaim menang dengan perolehan suara total 54.519 suara berbanding 54.433 suara milik Paslon Nomor Urut 02 Iskandarsyah-Anwar Abubakar.

Sementara suara tak sah menurut kubu petahana sebesar 4.671 suara. Kubu pasangan petahana itu klaim menang di enam dari 12 kecamatan. Enam kecamatan itu antara lain Kundur, Kundur Utara, Kundur Barat, Buru, Belat dan Durai.

Sementara enam kecamatan lainnya diakui ARAH dimenangkan oleh Paslon Nomor Urut 02 Iskandarsyah-Anwar Abubakar. Keenam kecamatan itu yakni Karimun, Meral, Tebing, Meral Barat, Ungar dan Moro. (rko)