Karimun, Lendoot.com – Partai Demokrat mulai menyatakan langkahnya dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Karimun tahun 2020.

Setelah melalui sejumlah tahapan pembahasan sejak awal tahun lalu, nama Bupati Petahana muncul sebagai Calon Bupati yang diusung.

Ketua DPC Demokrat Kabupaten Karimun Iwan Kusuma mengatakan, Partai Demokrat telah mengambil sikap dalam mengusung bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Karimun tahun 2020 melalui pembahasan-pembahasan di internal Partai.

“Berdasarkan Juklak dan Juknis dari DPP Partai Demokrat kita telah menjaring bakal calon kepala daerah,” kata Iwan, Senin (6/7/2020).

Selanjutnya, Ia mengatakan, kandidat yang dipilih ditentukan berdasarkan rapat pleno di DPC. Melalui rapat pleno dipilihlah kandidat yang dirasa melakukan komunikasi yang intens dengan Partai Demokrat.

“Dari pembahasan itu muncul nama Bupati Petahana Aunur Rafiq. Mereka telah melakukan komunikasi intern,” katanya.

Hasil dari rapat pleno ditingkat DPC telah disampaikan ke Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dan dilanjutkan ke DPP Partai Demokrat.

“Selain itu kandidat yang akan diusung juga harus melaporkan diri ke DPP Demokrat di Jakarta untuk menyampaikan visi dan misinya. Alhamdulilkah keduanya telah sampai ke DPP,” ujar Iwan.

Ia mengatakan, saat ini pihaknya sedang menunggu rekomendasi dari DPP Partai Demokrat. Dijadwalkan, akhir Juli atau Agustus rekomendasi resmi akan dikeluarkan.

“Mudah-mudahan di akhir Juli atau Agustus ada perkembangan terkait rekomendasi tersebut. Atau sebelum pendafatran di bulan September,” harapnya.

Ditambahkan Iwan, mengingat petahana Bupati dan Wakil Bupati Karimun ini sama-sama seorang ketua partai politik di tingkat Kabupaten Karimun, maka koalisi akan bisa dibentuk.

“Mudah-mudahan koalisi ini bisa bersinergi kedepan dalam meningkatkan kesejahteraan dan pembangunan di Karimun,” katanya.

(rk)