ilustrasi covid-19. (internet)

Karimun, Lendoot.com – Setelah mengevaluasi kondisi terkini terkait terjadinya peningkatan kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Karimun, Pemkab Karimun kembali memberlakukan jam malam bagi masyarakatnya.

Ini setelah Pjs Bupati Karimun Herry Andrianto kembali mengaktifkan kembali Surat Edaran Bupati Karimun Nomo 300/SET-COVID-19/IV/03/2020, Tanggal 08 April 2020 lalu. Herry menandatangangi surat nomor 300/SET-COVID-19/X/19/2020, terkait pengaktifan kembali jam malam.

Surat ini berisi tentang upaya mengurai konsentrasi aktivitas masyarakat di luar rumah untuk menekan penyebaran Covid-19 yang lebih luas dan masif. Dalam surat itu berisi pemberlakuan jam malam mulai diaktifkan kembali pada pukul 22.30 WIB, sampai dengan pukul 04.00 WIB.

Ini juga untuk mengendalikan peningkatan penyebaran Covid 19 yang ada disekitar kita. Langkah ini akan diawali dengan sosialisasi dan edukasi ke masyarakat agar menghindari aktivitas di luar rumah,  berkumpul dan berkerumun, dan senantiasa menerapkan orotokol Kesehatan.

Surat juga tentang menggelorakan kembali gerakan 6 M, yaitu; menggunakan masker, menjaga jarak satu hingga dua meter, mencuci tangan atau menggunakan handsynitizer, menghindari kerumunan, meningkatkan imunitas tubuh dan menjaga pola hidup sehat.

Sementara itu, bagi masyarakat yang masih melakukan aktivitas atau kegiatan diluar waktu pemberlakuan jam malam yang telah di tetapkan Pemerintah Daerah, dalam surat itu akan ada sanksinya. Sanksinya berupa kegiatan pembinaan oleh Tim Terpadu Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Kabupaten Karimun. (msa)

 

 

 

 

 

 

Karimun, Lendoot.com – Meningkatnya kasus positif Covid-19 di Kabupaten Karimun pekan ini, Pemkab Karimun kembali mengambil kebijakan berupa pengaktifan pemberlakuan jam malam.

 

Pemberlakukan ini dituangkan dalam Surat Edaran Bupati Karimun Nomor: 300/SET-COVID-19/IV/03/2020 tanggal 08 April 2020.

 

Pemberlakuan jam malam ini belum dilaksanakan malam tadi, setelah keluar SE tersebut. Menurut kabar, dalam beberapa hari ke depan SE ini efektig pemberkaluannya.

 

Saat ini sebanyak 45 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Karimun. Beberapa instansi seperti kepolisian sudah melakukan aksi sosialisasi agar masyarakat kembali menaati aturan protokol kesehatan.  (*)