Karimun, Lendoot.com – Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75, anggota Posal Perbatasan NKRI Lanal TBK mengibarkan bendera merah putih di pulau terluar Takong Hiu, Kelurahan Pasing Panjang, Kecamatan Meral Barat, Kabupaten Karimun, Kepri.

Detik-detik proklamasi pengibaran bendera merah putih itu diikuti oleh Distrik Navigasi Perhubungan Laut, Relawan Laznas Lembaga Management Infak (LMI) dan Relawan Donor Darah Karimun (RDDK)

Danlanal TBK Letkol Laut (P) Mandri Kartono menjelaskan, pengibaran bendera yang dilakukan di pulau terluar bertujuan menandakan bahwa pulau tersebut merupakan wilayah teritorial Indonesia.

“Pengibaran bendera di pulau ini merupakan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-75. Kita ingin menyampaikan kepada kapal-kapal yang melintas di Selat Malaka, Bendera yang berkibar di Pulau terluar Takong Hiu ini adalah wilayah teritorial Indonesia,” jelasnya.

Danlanal mengatakan, selain mengibarkan bendera merah putih, anggota Posal Takong Hiu dan para relawan menyuarakan slogan bersama “Dirgahayu RI ke-75 Indonesia Maju”.

“Selain itu juga memberian sembako oleh Relawan LMI dan Relawan RDDK kepada Posal Takong Hiu dan Distrik Navigasi,” katanya.

Danlanal mengatakan, mengenai fasilitas yang ada di Pulau Takong Hiu saat ini lebih memaksimalkan apa yang sudah ada, baik itu personil maupun sarana dan prasarana.

“Kita maksimalkan yang ada, Baik itu personel ataupun sarana dan prasarana disana antara lain Posal sdh dibangun bagus, juga sarana Patroli 2 unit Speed boat. Kita tetap melaksanakan pemantauan dan patroli secara rutin, bersinergi dengan satuan ditingkat atas, instansi terkait ataupun masyarakat Kabupaten Karimun,” ujarnya.

Danlanal menambahkan, di hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 ini, ia berpesan kepada generasi penerus bangsa selalu mengingat perjuangan para pahlawan

“Sebagai generasi penerus bangsa tetap ingat perjuangan para pahlawan. Tanpa perjuangan para Pahlawan, kita tidak akan menikmati kemerdekaan seperti sekarang ini.

“Seperti yang terjadi saat ini yaitu wabah Pandemi Covid-19, agar kita semua TNI POLRI dan elemen masyarakat mengikuti aturan dan imbauan pemerintah sesuai Protokol Kesehatan. Kita berjuang bersama-sama, agar di Indonesia khususnya Kabupaten Karimun segera terlepas dari wabah pandemi Covid-19,” tambahnya.

(rnd)