Karimun, Lendoot.com – Berakhirnya TMMD ke-105 di wilayah teritorial Kodim 0317 Tanjungbalai Karimun, Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Fadhilah berpesan kepada anggota Satgas dan masyarakat untuk tetap menjaga kebersamaan yang telah dibangun.

“Khususnya kepada anggota satgas TMMD dan segenap masyarakat untuk tetap mempertahankan kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI dan rakyat yang telah terbangun selama kegiatan TMMD ini,” kata Fadhilah dalam amanatnya saat Upacara Penutupan TMMD di Desa Pongkar, Kamis (8/8/2019).

Jenderal Bintang dua itu juga meminta masyarakat untuk dapat selalu menjaga hasil dari sasaran TMMD ke-105 sehingga dapat terus menciptakan pemerataan pembangunan di daerah yang lebih baik.

“Untuk masyarakat berkenan agar tetap menjaga pembangunan fisik yang telah dilakukan sehingga dapat digunakan dalam waktu yang cukup lama,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, dengan program TMMD ini selain membantu pemerintah daerah dalam pembangunan juga dapat menyatukan TNI-Polri, Pemda dan komponen masyarakat.

“TMMD adalah manunggal yang artinya menyatukan antara TNI-Polri, Pemerintah daerah dan komponen masyarakat dapat bekerjasama, bersinergi dan berinteraksi dalam kegiatan TMMD ini,” ujarnya.

Rafiq menambahkan, dengan adanya program TMMD ini atas nama pemerintah daerah Kabupaten Karimun ia mengungkapkan terimakasih. Untuk perawatan fisik juga akan menjadi tanggungjawab pemerintah daerah.

“Tentunya pemerintah daerah mengucapkan terimakasih karena besar manfaatnya dengan dana yang terbatas namun dapat mewujudkan pembangunan fisik maupun non fisik yang dapat kita rasakan. Insyaallah setelah diserah terimalah kepada pemerintah daerah, untuk pemeliharaan selanjutnya menjadi tanggungjawab pemerintah daerah,” tambahnya. (riandi)