Ibu Anah terlihat menangis saat rumahnya direhabilitasi. (riandi)

Karimun, Lendoot.com – Setelah 30 tahun menempati rumah yang jauh dari kata layak huni, akhirnya rumah milik Anah (66) menjadi sasaran program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Kodim 0317/TBK.

Anah merupakan warga Kampung Bukit Atas, Kelurahan Baran Timur, Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun. Ia bersama anak dan cucunya memang sudah lama mengimpikan rumah layak huni ini, namun dengan keterbatasan ekonomi membuat Anah bertahan.

Anah pun terlihat tak kuasa menahan air matanya saat melihat prajurit Kodim/0317/TBK merehabilitasi rumahnya tersebut.

Anah mengatakan, selama 30 tahun bersama anak cucunya, ia tinggal di rumah yang berlantai tanah dan setiap malam mereka kedinginan karena angin yang masuk dengan bebas, ditambah lagi jika hujan turun.

“Saya sangat bahagia rumah saya diperbaiki oleh bapak-bapak dari Kodim, sekarang rumah saya bagus dan tidak kedinginan lagi kalau malam. Saya sangat berterimakasih pak,” ujarnya.

Kehidupan kebutuhan ekonomi Anah semakin susah sejak ditinggal suaminya, meski ditopang ke tiga anaknya, namun masih jauh dari kata cukup.

“Kalau makan daya dari anak, itupun kadang tidak cukup dan harus berpuasa, apalagi melihat keadaan sekarang makin sulit. Itulah yang saya rasakan, terkadang saya menangis sendiri,” katanya.

Sementara itu, Dandim 0317/TBK Letkol Inf Denny menuturkan, program RLTH yang dilaksanakan oleh jajarannya merupakan aksi sosial dalam memaknai peringatan HUT Kodam I/BB ke-70.

“Kegiatan ini sebetulnya setiap tahun, tetapi dalam rangka HUT Kodam I/BB, kami mendapat perintah dari komando atas untuk tugas khusus merehab rumah tidak layak huni,” kata Denny, Rabu (3/6/2020).

Denny menambahkan, untuk program RTLH ini pihaknya menargetkan 16 unit rumah warga untuk dilakukan renovasi yang bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Karimun.

“Ini baru rumah yang kedua, diharapkan nanti kedepan kami akan membantu sesuai kemampuan kami, bahkan desa yang betul-betul belum mampu dan serba kekurangan tolong disampaikan ke kami. Agar bisa untuk rencana selanjutnya,” tambahnya. (rnd)