Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim membuka MTQ Kecamatan Meral di Masjid Al Mubaqak, Rabu malam (6/3/2019).
Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim membuka MTQ Kecamatan Meral di Masjid Al Mubaqak, beberapa waktu lalu.

Karimun, Lendoot.com – Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) di tingkat Desa, Kelurahan, Kecamatan dan Kabupaten merupakan ajang persiapan kafilah Kabupaten Karimun menuju MTQ tingkat Provinsi Kepri.

Ini diungkapkan Wakil Bupati Anwar Hasyim usai membuka MTQ Kecamatan Meral di Masjid Al Mubarak Kelurahan Meral Kota, Rabu malam (6/3).

“Ini merupakan persiapan kita untuk MTQ Provinsi. Begitu selesai kita langsung lakukan TC (training center) untuk pembinaan. Dalam hal ini, tidak hanya yang juara saja, tapi yang terbaik kita kumpulkan, mana yang berpotensi ditunjuk mewakili Kafilah Kabupaten Karimun di Provinsi nantinya,” katanya.

Persiapan lainnya, kata Anwar, dengan mengundang beberapa juri nasional untuk memberikan pengarahan bagi qori dan qoriah saat TC nanti. Setelah itu akan ditentukan siapa saja yang layak memperkuat kafilah Kabupaten Karimun untuk dikirim ke MTQ Provinsi Kepri.

” MTQ Kabupaten rencananya pada 25 Maret nanti di Kecamatan Karimun, kita ngikut jadawal Provinsi, karena mundur maka agenda Kabupaten pun diundur juga, agar persiapan lebih matang,” ungkap Anwar.

Sedangkan pelaksanaan MTQ Provinsi belum dapat dipastikan, karena masih mepet dengan pelaksanaan Pemilu, sehingga akan ditentukan nantinya. Sebagai tuan rumah adalah Kabupaten Bintan.

Hingga saat ini, baru tujuh Kecamatan yang telah selesai melaksanakan MTQ, tinggal lima Kecamatan lagi yang masih ditunggu, untuk mencari qori dan qoriah terbaik yang bakal memperkuat kafilah Kabupaten Karimun.(muhamadsarih)