ilustrasi. (gogle)
ilustrasi. (gogle)

Karimun, Lendoot.com – Angka kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Karimun tahun ini melonjak tinggi. Tercatat per 7 Agustus 2020 sudah mencapai angka 247 kasus.

Padahal tahun sebelumnya, 2019,  catatan kasus DBD di kabupaten ini sebanyak 232 kasus, itu secara keseluruhan dalam setahun.

Peningkatan signifikan dan tertinggi terjadi pada Juli lalu dengan jumlah mencapai 92 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun Rachmadi membenarkan hal i ini.

“Sudah melewati total kasus DBD pada tahun sebelumnya. Sampai saat ini 247 kasus tercatat di kita, sementara tahun lalu itu total keseluruhan 232,” kata Rachmadi, Jumat (7/8/2020).

Rachmadi juga mengatakan, penemuan kasus DBD terbanyak terdapat di wilayah Kecamatan Tebing dengan 55 kasus, sementara Kecamatan Meral di posisi kedua dengan 53 kasus.

Karena tingginya angka kasus tersebut, peningkatan  upaya penanganan sudah dilakukan pihaknya. Salah satunya dengan mengeluarkan surat edaran kepada Kecamatan dan Puskesmas untuk melakukan gerakan pemberantasan sarang nyamuk.

“Kita telah buat surat edaran untuk kecamatan dan puskesman melakukan PSN. Alhamdulillah bulan Agustus ini mulai menurun,” katanya.

Sementara itu dari 247 kasus DBD, terdapat satu orang meninggal dunia. Kasus itu terjadi pada awal Juni lalu di Kecamatan Meral. “Satu orang meninggal dunia. Kita harapkan tidak ada korban lagi,” katanya. (rk)