Pelayanan Pembuatan Paspor di Kanim Kelas II Tanjungbalai Karimun. Foto (Lendoot.com/rk)

Karimun, Lendoot.com – Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun masih menunggu aturan baru terkait pembukaan kembali layanan pembuatan paspor.

Seperti diketahui, sejak mewabahnya Covid-19, pelayanan pembuatan paspor dilakukan pembatasan dan hanya melayani permohonan paspor bersifat darurat. Sementara untuk pelayanan pembuatan paspor umum ditutup sementara.

“Sementara ini masih tutup. Kita masih menunggu aturan baru dari Dirjen Imigrasi, dimana apabila nanti dibuka, akan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan,” kata Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian Kristian, Senin (8/6/2020).

Ia mengatakan, sementara ini pelayanan pembuatan paspor hanya dibuka untuk masyarakat yang memiliki kebutuhan darurat, seperti orang sakit (orang sakit dan dirujuk ke luar negeri) dan mendesak yang tidak dapat ditunda.

“Sejak April itu kita batasi hanya untuk yang berkebutuhan emergency saja,” katanya.

Sementara ini, menurut Kristian, pihaknya telah melakukan persiapan sarana prasarana pendukung penerapan protokol kesehatan dalam pelayanan Paspor. Sehingga, apabila aturan dari Dirjen Keimigrasian dikeluarkan, Imigrasi Karimun telah siap kembali membuka pelayanan.

“Kita sudah siapkan beberapa APD untuk petugas yang memberikan pelayanan, selain itu sarana cuci tangan, alat pengecek suhu tubuh juga telah disiapkan,” katanya.

(rk)