Karimun, Lendoot.com – Pria berinisial F (28) nekat mencuri sebuah tas milik seorang santri TPQ yang sedang menjalankan salat Magrib berjamaah di Masjid Baitul Karim, Jalan Nusantara, Kelurahan Karimun, Kecamatan Karimun, Jumat (1/3/2019).

Saat melakukan aksinya, F tak sadar bahwa kelakuannya itu terekam CCTV masjid. Sehingga dengan mudah wajahnya diketahui sebagai pelaku.

Mengetahui kejadian tersebut, pengurus masjid pun langsung melaporkannya ke Polsek Balai untuk bersama mengejar pelaku. Sekira pukul 22.00 WIB, pelaku sedang berada di salah satu kounter handphone di kawasan Puakang. Diduga pelaku sedang menggadaikan handphone tersebut.

“Mendapat laporan tersebut, kita bersama pengurus masjid dan warga langsung mencari pelaku dan diketahui sedang berada di konter hp. Kemudian kita mengikuti hingga ke kos dia dan langsung kita amankan. Awalnya dia gak ngaku, setelah kita lihatkan rekaman CCTV itu baru mengakui,” jelas Kapolsek Balai Karimun, AKP Sandityo Mahardika, Sabtu (2/3/2019) sore.

Diketahui, di dalam tas tersebut berisikan 1 unit handpone, Alquran dan sejumlah uang milik santri tersebut. Sandityo mengatakan, pelaku sempat menggadaikan handphone tersebut ke konter seharga Rp 200 ribu dengan alasan butuh uang untuk makan. Merasa iba ia pun menerimanya.

“Orang konter datang ke kantor menyerahkan hp yang digadaikan pelaku. Dia tak tau kalau itu hp curian. Awalnya dia sudah berkali-kali menanyakan tentang hal tersebut kepada pelaku,” ujarnya.

Setelah diamankan di Mapolsek Balai Karimun, korban dan pelaku membuat surat perdamaian dengan menyelesaikan dengan cara kekeluargaan. (riandi)