Karimun, Lendoot.com – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karimun menggelar Festival Kompang tahun 2019, di Lapangan depan Coastal Area, Kelurahan Teluk Air, Kecamatan Karimun, Jum’at (8/3/2019) malam.

Acara tersebut merupakan agenda tahunan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karimun yang bertujuan sebagai ajang pelestarian seni dan Budaya Melayu.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karimun Zamri menjelaskan, agenda tahunan tersebut terfokus pada kreasi kaum muda untuk menunjukkan kebolehannya dalam berkreasi memainkan seni kompang.

“Jadi Kompang ini bukan mampu hanya dimainkan orang tua saja, namun generasi muda juga dapat memainkannya,” jelasnya.

Festival tersebut diikuti sebanyak 12 Grup umum dari 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Karimun. Untuk dewan juri pihaknya menghadirkan dewan juri dari Kota Batam, Tanjungpinang dan Kabupaten Bengkalis.

“Untuk peserta ada 12 grup yang berasal dari 12 kecamatan. Untuk dewan juri kita datangkan dari luar daerah. Kita harapkan keberlangsungan seni dan budaya melayu tetap terjaga ” kata dia.

Untuk para pemenang, Juara 1 mendapatkan uang pembinaan 8 juta, piala dan sertifikat, Juara 2 uang 7 juta piala dan saat begitu juga Juara 3 mendapat uang 5 juta piala dan sertifikat. (riandi)