Karimun, Lendoot.com – Sebanyak 80 pembina Unit Kesehatan Sekolah (UKS) tingkat SD dan SMP se-Kabupaten Karimun mengikuti bimbingan teknik (bimtek) Jumat (17/5/2019).

Bimtek yang digelar di meeting room Hotel Alisan ini berlangsung selama 4 hari yakni 15-18 Mei 2019. Ke 80 pembina tersebut diantaranya, 50 pembina dari SMP dan 30 pembina UKS SD.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, Bakri Hasyim mengatakan bimtek ini bertujuan untuk menambah pengetahuan bagi guru pembina UKS, agar bisa memberikan pendidikan kesehatan dalam rangka menanamkan kebiasaan hidup sehat sehari-hari pada murid.

“Karena sebagai suatu institusi pendidikan, sekolah mempunyai peranan dan kedudukan strategis dalam upaya promosi kesehatan,” kata Bakri Hasyim.

Tujuan lain dari bimtek ini selain untuk memberikan pendidikan kesehatan, juga agar guru pembina UKS dapat melakukan petolongan pertama pada kecelakaan dan pengobatan di sekolah.

Dijelaskan Bakri, melalui kegiatan bimtek ini diharapkan para guru pembina UKS di setiap sekolah bisa mengawasi kesehatan anak murid serta mengenal kelainan kesehatan sedini mungkin.

“Sebab promosi kesehatan di sekolah dapat menjangkau dua jenis populasi yaitu, populasi anak sekolah dan masyarakat umum atau keluarga,” ujar Bakri Hasyim. (parulianturnip)