Karimun, Lendoot.com – Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Karimun langsung bergerak cepat ketika mengetahui 3 orang warga Karimun kembali terkonfirmasi positif Covid-19, Selasa (28/4/2020).

Tiga warga Karimun terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut merupakan kluster kakek 90 tahun yang lebih dahulu diketahui terpapar korona. Ketiga orang itu antara lain anak, menantu dan cucunya.

Kepala Dinas Kesehatan Karimun Rachmadi mengatakan, saat ini pihaknya telah melakukan tracing atau pelacakan orang- orang yang pernah kontak erat dengan satu keliarga positif Covid-19.

“Hasilnya sejauh ini sekitar 30 warga Karimun dilakukan karantina atau isolasi mandiri. Mereka diduga kuat pernah melakukan kontak dekat dengan satu keluarga positif Corona di Karimun,” kata Rachmadi, Selasa (28/4/2020).

Rachmadi memastikan, pihaknya akan terus berupaya melacak orang-orang yang kemungkinan pernah kontak langsung dengan tiga pasien positif Covid-19 di Karimun itu.

“Kami juga mengimbau bagi siapa saja yang pernah kontak langsung, kami harap segera melapor, mau ke RSUD, Puskesmas Meral Barat atau ke puskesmas terdekat di daerahnya juga bisa,” katanya.

Kadinkes menjamin identitas pasien dan anggota keluarganya akan dirahasiakan. Selain itu, menurutnya untuk biaya selama pengobatan ditanggung oleh negara.

“Ini demi kebaikan kita semua, kesehatan anda dan keluarga juga. Jangan khawatir, identitas anda dan keluarga akan kami jaga kerahasiannya, biaya selama berobat akan ditanggung oleh negara,” kata Rachmadi.

Sebelumnya diberitakan, Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Karimun mengkonfirmasi Pasien Positif Korona di Karimun bertambah tiga orang, Selasa (28/4/2020).

Ketiga pasien itu, merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG) dari Kluster Kakek 90 tahun asal Kampar yang lebih dulu terkonfirmasi positif.

“Saya sampaikan kepada teman-teman bahwa hasil PCR satu kluster Kakek 90 tahun positif COVID-19, diantaranya 3 orang positif dan 1 orang negatif,” kata Kepala Dinas Kesehatan Karimun, Rachmadi, Selasa (28/4/2020).

Rachmadi menyebutkan, saat ini pasien baru Covid-19 itu telah dipindahkan ke Faskes khusus Korona di RSUD Muhammad Sani untuk penanganan lebih lenjut.

Menurut Rachmadi, Bertambahnya 3 pasien itu, menjadikan pasien Positif COVID-19 di Karimun menjadi 5 orang antara lain 1 telah dinyatakan sembuh, sementara 4 lainnya sedang menjalani perawatan medis di Fasilitas Kesehatan Khusus COVID-19 RSUD M Sani.

“Dengan demikian positip Covid 19 Kabupaten Karimun menjadi 5 dengan diantaranya 1 orang telah dinyatakan sembuh,” ujar Rachmadi. (rk)