Kepala Dinas Kesehatan Karimun Rachmadi. Foto : Dok Lendoot.com.

Karimun, Lendoot.com – Tim Gugus Tugas Percepatan dan Penanggulangan Covid- 19 Kabupaten Karimun Kepulauan Riau, menerima hasil pemeriksaan Swab 134 kontak erat pasien positif sebelumnya.
Hasilnya, sebanyak 5 warga Kabupaten Karimun Provinsi kembali terkonfirmasi positif Covid-19, Jumat (21/8/2020). Demikian Kepala Dinas Kesehatan Rachmadi sekaligus Juru Bicara Gugus Tugas menjelaskan tentang perkembangan Covid-19 ini.
Dijelaskannya, kelima pasien positif baru tersebut merupakan klaster Kundur. “Tiga orang berasal dari Kecamatan Karimun, dan dua orang dari Kecamatan Kundur. Mereka merupakan klaster Kundur,” kata Rachmadi, Jumat (21/8/2020).
Rachmadi mengatakan, kelima pasien positif Covid-19 itu rencananya hari ini akan mulai menjalani perawatan Intensif di RSUD Muhammad Sani.
“Hari ini akan dibawa ke RSUD, kita baru terima hasil swabnya tadi malam. Pagi ini kita langsung lakukan penjemputan dan lakukan isolasi,” katanya.
Selain 5 kasus positif baru tersebut, kata Rqachmadi, ada 4 pasien Covid-19 di Karimun yang telah dinyatakan sembuh setelah hasil Swab terakhir mereka menyatakan negatif Covid-19.
“Selain 5 kasus baru itu, Alhamdulillah ada 4 pasien sebelumnya yang sembuh. Jadi kini ada 15 pasien positif di Karimun yang masih dan akan menjalani perawatan,” katanya.
Menurutnya, kini pihaknya masih menunggu 30 sampel swab di BTKL Batam yang belum keluar. Sementara 50 sampel sebelumnya telah dinyatakan negatif Covid-19, dan 134 sampel yang baru keluar kemarin 129 diantaranya juga dinyatakan negatif Covid-19.
“Kita masih menunggu sekitar 30 sampel lagi yang belum keluar hasilnya,” kata Rachmadi.
Sampai saat ini, jumlah kasus positif Covid-19 di Karimun tercatat sebanyak 26 orang, 11 diantaranya telah dinyatakan sembuh, 15 lainnya masih dalam perawatan. (rk)