Karimun, Lendoot.com – Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 tahun 2019 resmi dibuka di Lapangan bola, Desa Pongkar, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun, Kamis (11/7/2019).

Bupati Karimun Aunur Rafiq yang bertindak sebagai inspektur upacara mengatakan, melalui program TMMD TNI memang sangat membantu Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Karimun dalam rangka pemerataan pembangunan.

“TMMD dimulai sejak 1980 dan terus terlaksana hingga saat ini. Kita berharap melalui kegiatan ini masyarakat dan TNI serta lembaga-lembaga terkait lainnya yang sudah bersinergi, dapat terus terjaga. Tentunya untuk Karimun lebih baik,” ujar Rafiq usai Pembukaan TMMD.

Rafiq menjelaskan, pelaksanaan TMMD kali ini, menyerap dana APBD tahun 2019 sebesar Rp 1,6 milyar untuk mendorong pemerataan pembangunan di wilayah Kabupaten Karimun.

“TMMD ini menyasar pada pembangunan fisik dan non-fisik yang tentu mendorong pembangunan infrastruktur agar dapat dirasakan masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, dipilihnya lokasi di Desa Pongkar sebagai sasaran TMMD kali ini, Dansatgas TMMD ke-105 yang juga menjabat Dandim 0317/TBK Letkol Arm Rizal Anladie mengatakan berdasarkan aspirasi dan keinginan masyarakat yang ada di Desa Pongkar.

“Dimana juga kita melihat dari Musrenbang yang salah satunya adalah desa Pongkar untuk mengakomodir Pembangunan Daerah, serta melihat urgensi yang ada. Termasuk juga melihat kebutuhan masyarakat sekitar yang berkerja sebagai nelayan,” ungkap Dansatgas TMMD ke-105 yang juga menjabat Dandim 0317/TBK Letkol Arm Rizal Anladie.

Rizal mengatakan, terdapat dua sasaran fisik dan 16 kegiatan non-fisik. Dimana sasaran fisik pertama telah dilakukan pembangunan semenisasi jalan desa sejauh 710,7 meter dan ditambah pembuatan satu gorong-gorong.

“Untuk sasaran fisik kedua yakni pembukaan jalan seluas 1.200 meter dan pembangunan jembatan serta tiga unit gorong-gorong dan untuk non fisik ada 16 kegiatan,” jelasnya. (riandi)