Karimun, Lendoot.com – Dewan Pengurus Area One Day One Juz (DPA ODOJ) Karimun menggelar gerakan peduli janda dan dhuafa. Ini merupakan salah satu program sosial yang dilakukan DPA ODOJ Karimun dalam rangka meringankan bebas para janda dan lansia (lanjut usia) di lingkungannya.

Gerakan peduli janda dan dhuafa ini bertujuan membantu meringankan beban para janda yang telah lanjut usia dalam menjalankan kehidupannya. “Sekaligus untuk mempererat ukhuwah sesama Umat Islam,” kata Holila S Pd  M Sc, Ketua Divisi Project DPA ODOJ Karimun kepada Lendoot.com, kemarin.

Minggu (26/7/2020) lalu, DPA ODOJ Karimun membagikan puluhan paket sembako kepada para janda yang telah lanjut usia di Desa Parit 1 Kecamatan Karimun. Kegiatan ini dihadiri sebanyak 20 anggota DPA ODOJ Karimun yang terdiri dari Ketua ODOJ Karimun, Sekretaris ODOJ Karimun sekaligus Kabid Kesehatan Kabupaten Karimun, Bendahara ODOJ Karimun.

Hadir juga Relawan Pengajar di Rumah Cerdas, Ketua Divisi Project ODOJ Karimun sekaligus Pendamping PKH Kecamatan Karimun, dan anggota ODOJ Karimun. Mereka turun ke Desa Parit 1 melalui Pelabuhan KPK menggunakan Boat Kayu carter.

Sesampai di Desa Parit, para penerima bantuan sembako telah berkumpul di sebuah rumah yang telah ditentukan sebelumnya. Setelah para anggota DPA ODOJ Karimun dan para janda lansia berkumpul, Ketua DPA ODOJ Karimun, Fetriyani Syukri S Kom dan romongan disambut hangat warga penerima bantuan.

Fetriyani Syukri dalam sambutannya memberikan gambaran umum tentang ODOJ kepada warga yang hadir. Dalam acara itu, Holila juga menyebut bahwa  program gerakan peduli janda yang merupakan bagian dari  program sosial DPA ODOJ Karimun.

“Sebelumnya pada awal Juli 2020, DPA ODOJ juga sudah melakukan kegiatan ODOJ Berbagi Jumat Berkah. Yakni dengan memberikan nasi bungkus gratis setiap hari Jumat kepada yang membutuhkan seperti penyapu jalanan, pengurus masjid, tukang bersih kuburan, dan lain-lain,” jelasnya .

Ada 31 paket sembako yang disediakan untuk para janda dan lansia. Dalam paket tersebut terdapat sejumlah jenis beras, minyak goreng, gula pasir, mie instan, sarden kaleng, dan teh.

Sumber dana kegiatan sosial yang dilakukan DPA ODOJ Karimun ini berasal sumbangan dari masing-masing anggota atau member ODOJ Karimun dan sumbangan dari pihak luar yang diperoleh melalui media sosial (Medsos).

Sebelum pelaksanaan kegiatan, biasanya Ketua Divisi Project akan membuat flyer untuk mengajak seluruh masyarakat Karimun ikut berpartisipasi dalam kegiatan ODOJ Berbagi dengan cara mentransfer sumbangan atau sedekah melalui Bank Syariah Mandiri (An. DPA ODOJ Karimun).

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat Karimun mengenal dan tertarik untuk bergabung di komunitas One Day One Juz (ODOJ). “Jadi komunitas ODOJ, selain kegiatan utamanya tilawah AL-Quran 1 hari 1 juz atau 1 hari ½ juz atau 1 hari 1 lembar (untuk anak-anak) atau 1 hari bebas tilawah Al-Quran, ada juga kegiatan lainnya seperti Kantin Muslimah (Kajian Rutin Khusus Muslimah), Rihlah ODOJ atau Tadabur Alam, KalQulus (Kajian Al-Quran ala Ustadz), Qubro (Qurban Bersama ODOJ), dan kegiatan sosial lainnya,” jelas Holila. (*/msa)