Seorang warga mengabadikan kebakaran lahan d Pulau Karimun.

Karimun, Lendoot.com – Dalam dua bulan terkahir (Januari hingga Februari) 2019, ratusan hektar lahan kosong dan hutan di Kabupaten Karimun, terbakar.

Berdasarkan data Pemadam Kebakaran Karimun, 40 titik kebakaran ditemukan di sejumlah Kecamatan di Kabupaten Karimun. Pihaknya mencatat kasus terbanyak kebakaran ditemukan di Kecamatan Meral Barat. Kecamatan ini merupakan kawasan banyak terdapat lahan kosong dan hutan.

Hal itu dikatakan Kepala Seksi Damkar Satpol PP Karimun Rahmadi. Jumlah itu melonjak naik dibandingkan Januari dengan 21 kasus terjadi.

Rahmadi mengatakan, sebanyak 61 kasus kebakaran tersebut diperkirakan ratusan hektar lahan dan hutan habis terbakar. Kebakaran tersebut dipicu dengan kondisi lahan yang mudah terbakar dan musim kemarau.

“Sampai saat ini ada 61 kasus, kalau ini terus terjadi bisa lebih banyak dari tahun 2018 kemarin dengan jumlah kejadian dalam satu tahun mencapai 184 kejadian,” ujarnya.

Rahmadi juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan. Menurutnya peran masyarakat dalam mencegah kebakaran sangat besar, sehingga diharapkan masyarakat juga harus turut membantu melakukan pengawasan.

“Ini butuh peran masyarakat, mari sama- sama kita menjaga lingkungan kita. Kalau bakar sampah ya kita minta dilakukan pengawasan,” tambahnya. (riandi)