Karimun, Lendoot.com – Capt. Barlet Silalahi resmi menjabat sebagai Kepala Kantor Kesyahbandara dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjungbalai Karimun dengan menggelar pisah sambut di Ballroom Hotel Aston Karimun, Senin (23/12/2019) malam.

Kepala KSOP lama Junaidi akan menempati jabatan baru sebagai Kepala KSOP Kelas I Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah. Sementara Capt. Barlet Silalahi sebelumnya menjabat kepala KSOP Khusus Batam, Kepulauan Riau.

Junaidi menyampaikan, selama 11 bulan bertugas di KSOP Tanjungbalai Karimun koordinasi dan kerjasama dengan seluruh pihak yang ada di Karimun selama ini dapat terjaga dengan baik.

“Selama kami di Karimun, banyak mendapatkan ketenangan. Karimun menjadi bagian dari karir dan hidup saya. Semoga kepada bapak Kepala KSOP yang baru bisa terus melanjutkan sinergitas yang selama ini terjalin dengan baik,” katanya.

Dikesempatan itu, Junaidi juga berpesan kepada operator kapal untuk tetap memperhatikan cuaca untuk keselamatan pelayaran.

“Saya minta kepada operator kapal mengingat cuaca belakangan ini hingga Januari mendatang cukup ekstrim agar bisa terus memperhatikan keselamatan pelayaran,” ujarnya.

Diketahui, Capt. Barlet Silalahi bukanlah orang baru di Bumi Berazam ini, ia sebelumnya pernah menjabat sebagai KSOP Tanjungbalai Karimun ini semasa masih kelas II. Oleh karena itu, ia akan melanjutkan program-program yang belum terselesaikan.

“Saya orang lama, sebelumnya pernah bertugas di KSOP Tanjungbalai Karimun yang pada saat itu masih kelas II. Banyak Program-program yang belum terlaksana, dengan begitu kami mohon dukungan semua pihak, untuk Karimun menjadi lebih baik, terutama sektor pelayaran,” kata Barlet.

Sementara itu, Bupati Karimun Aunur Rafiq menambahkan, selama 11 bulan bertugas di Karimun, tentu tugas yang diamanahkan oleh pimpinan bisa menjadi motivasi untuk bekerja lebih baik lagi.

“Salah satu perubahan besar selama bapak Junaidi bertugas di Karimun yaitu berubahnya kelas KSOP Karimun dari kelas II menjadi kelas I, kemudian launching E-Ticketing.

“Pelabuhan menjadi pintu gerbang masuknya orang-orang ke Karimun, dengan demikian Pelabuhan menjadi sektor yang harus di optimalkan dengan kinerja yang baik,” ujarnya.

Untuk Kepala KSOP yang baru diharapkan dapat melanjutkan pembangunan Kargo Malarko yang saat ini masih terpancang.

“Saya pikir karena pernah bertugas di Karimun, Bapak Barlet tentu mengetahui arah dan tujuan KSOP Tanjungbalai Karimun. Kita berharap dapat melanjutkan pembangunan yang belum terselesaikan,” tambahnya. (riandi)