Karimun, Lendoot.com – Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Kabupaten Karimun untuk tingkat SD dan SMP resmi dibuka oleh Bupati Karimun, Aunur Rafiq.

Acara pembukaan yang digelar di lapangan sepakbola Telul Air, Kecamatan Karimun itu diikuti sebanyak 256 atlet tingkat SD dan SMP.

O2SN tahun 2019 dilaksanakan sejak tanggal 20 hingga 22 Maret. Para atlit akan bertanding untuk menjadi yang terbaik di lima cabang olahraga, yaitu renang, silat, karate, atletik dan bulutangkis.

Dalam sambutannya Bupati Karimun, Aunur Rafiq meminta Dinas Pendidikan agar lebih meningkatkan penyelenggaraan ajang olahraga tahunan pelajar itu.

Dua pesan Rafiq adalah agar seluru atlit diinapkan termasuk yang berasal dari di Pulau Karimun serta memberikan anggaran kepada Korwil Dinas Pendidikan dalam hal pembinaan atlit.

“Harus ada perubahan tahun 2020. Saya tunggu pembahasannya. Sekarang juga sedang ada Musrembang. Jika kita mau olahraga berkembang maka harus mampu rencanakan dengan baik. Sehingga kualitasnya menjadi lebih baik lagi,” papar Rafiq saat acara pembukaan O2SN di lapangan bola Teluk Air, Rabu (20/3/2019).

Diharapkan Rafiq, dengan kegiatan O2SN yang sudah terjadwal maka dapat menciptakan generasi muda yang memiliki integritas kepribadian yang baik, jiwa yang kuat serta semangat yang tinggi.

“Ajang ini menjadi ajang siswa-siswi mengetahui kemampuan. Bagaimana tolak ukur pembinaan bidang olahraga. Kompetisi ini juga memacu semangat motivisi guru-guru, sejauh mana anak didiknya berkompetisi di arena,” katanya.

Kepada para pelajar yang ikut bertanding di O2SN, Rafiq mengimbau agar dapat berkompetisi dengan baik dan menjalin silaturahmi dengan atlit dari sekolah lain. (parulian turnip)