Bupati Aunur Rafiq melepas peserta fun walk di Coastal Area, pagi tadi, (ist)

Karimun, Lendoot.com – Acara senam sehat dan fun walk bersama BPJS Ketenagakerjaan dalam rangka perayaan buruh tahun 2019, Minggu (30/6/2019) pagi tadi, berlangsung meriah. Pesertanya mencapai seribu orang, mulai dari anak-anak, remaja hingga orangtua dewasa.

Kegiatan yang ditaja BPJS Ketenagakerjaan bekerjasama dengan Pemkab Karimun dan Ferasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Karimun itu dimulai sekitar pukul 06.00 WIB di Coastal Area.

Dalam sambutannya, Rafiq menyampaikan bahwasannya manfaat ikut sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan sangat banyak. Terutama bagi karyawan untuk mendapatkan perlindungan bekerja. Dan melalui, kegiatan tersebut, Rafiq berharap para pemberi kerja, atau perusahaan menjadikan karyawannya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Selain menjalin talisilaturahmi, kita juga mengajak perusahaan-perusahaan agar mengikutsertakan karyawannya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Agar, para karyawannya dapat terlindungi saat melaksanakan tugasnya. Kami di sini (Pemkab Karimun), sangat mendukung program BPJS Ketenagakerjaan ini,” katanya.

Sebagai contoh, kata Rafiq, jajarannya di Pemkab Karimun sendiri sudah memasukan pegawai ASN maupun tenaga honorer mejadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Termasuk, perangkat desa yang sudah mulai menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Hal senada diungkapkan Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sumbar Riau Budiono dalam sambutannya. Dia menjelaskan, BPJS Ketenagakerjaan memiliki banyak program-program perlindungan bagi pesertanya.

Seperti, Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK),Jaminan Kematian (JKM), Bukan Penerima Upah, Sektor Jasa Konstruksi dan Jaminan Pensiun. Dengan demikian, program BPJS Ketenagakerjaan sangat bermanfaat bagi perusahaan maupu karyawan itu sendiri.

“Melalui acara ini, kita ingin dekat dengan masyarakat tentang manfaat BPJS Ketenagakerjaan. Dan bisa menjadi sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan,” ungkapnya.

Usai acara, secara simbolis Rafiq juga meresmikan Desa Sadar Jaminan Sosial Tahun 2019 untuk desa Sebele kecamatan Belat.Simbolis ini ditandai dengan penguntingan pita oleh Bupati Karimun.

Hadir dalam acara itu, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Batam-Sekupang Jefri Iswanto, Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan Eko Darwanto, Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sumbar-Riau Budiono, Kepala Kantor Cabang Perintis Rudi Panjaitan, Ketua SPAI-FSPMI Kabupaten Karimun Muhamad Fajar.

Setelah acara fun walk, para peserta yang mendapatkan kupon doorprize tampak antusias menunggu pengundiannya. Hadiah yang disediakan panitia di antaranya; satu unit sepeda motor listrik, serta puluhan doorprize lainnya seperti mesin cuci, televisi, kulkas, power bank dan sebagainya. (muhdsarih)