Bupati Aunur Rafiq saat meninjau pembelajaran tatap muka di sebuah SD, belum lama ini. (dok lendoot)

Karimun, Lendoot.com – Setelah sepekan kemarin, sekolah-sekolah di Kecamatan Kundur Barat, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri sudah menggelar belajar tatap muka, untuk pekan ke depan belajar tatap muka tersebut kembali ditutup sementara.

Ini dilakukan pascaditemukannya kasus Covid-19 baru di wilayah itu. Sekretaris Dinas Pendidikan Karimun Riza Kurniati mengatakan, hasil evaluasi pihaknya, sekolah- sekolah di Kecamatan yang berada zona kuning akan kembali ditutup sementara.

“Jadi kita sudah menerima surat resmi terkait penetapan zona Covid-19. Hasilnya, sekolah-sekolah di Kecamatan Kundur Barat kita tutup kembali,” kata Riza, Minggu (17/1/2021).

Sebelumnya, Kecamatan Kundur Barat termasuk dalam enam wilayah Zona Hijau yang diizinkan Pemerintah Kabupaten Karimun untuk dibuka pembelajaran tatap muka. Sekolah- sekolah tersebut terpaksa ditutup kembali dengan pertimbangan kesehatan.

Ia mengatakan, berdasarkan penetapan zona Covid-19 pertanggal 16 Januari 2021, Kecamatan Kundur Barat kembali ditetapkan Zona Kuning setelah kembali ditemukan kasus.

Selain itu, untuk Kecamatan Zona Kuning, Kundur dan Belat yang sebelumnya dalam peninjauan. Hanya satu yang telah zona hijau dan diizinkan kembali untuk membuka sekolah tatap muka.

“Kecamatan Belat telah zona hijau dan akan segera membuka sekolah. Sementara untuk Kundur, masih zona kuning, sehingga saat ini Kundur Barat dan Kundur, sekolah kita tutup dan pembelajaran daring,” katanya.

Riza mengatakan, pihaknya akan segera menerbitkan surat edaran baru terkait sekolah- sekolah yang diperbolehkan tatap muka. Nantinya, Tim Pengawas dari Dinas Pendidikan juga akan kembali turun untuk melakukan pengecekkan terhadap penerapan Protokol kesehatan.

“Surat edaran kita terbitkan besok (Senin),” katanya.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun menunggu hasil resmi penentuan zona dari Tim Gugus Tugas Covid-19 untuk membuka kembali sekolah- sekolah di dua Kecamatan Zona Kuning, Kundur dan Belat.

Seperti diketahui, sejauh ini baru 298 sekolah dari 6 Kecamatan wilayah Kabupaten Karimun yang diizinkan untuk menggelar pembelajaran tatap muka.

Sementara sekolah- sekolah di Zona Kuning seperti di Kecamatan Belat dan Kecamatan Kundur serta Zona Orange di Kecamatan Karimun, Tebing, Meral dan Meral Barat masih menunggu status zona menjadi hijau.

Sekretaris Dinas Pendidikan Karimun Riza Kurniati mengatakan, pihaknya masih menunggu surat resmi dari Tim Gugus Covid-19 terkait menetapan zona. Apabila dua Kecamatan Zona kuning telah menjadi Zona hijau, maka pekan depan pembelajaran tatap muka bisa dilaksanakan.

“Hari ini hasilnya akan keluar. Ada dua Kecamatan yang dalam peninjauan, apabila surat resminya sudah keluar dan dinyatakan zona hijau, maka Senin tatap muka sudah bisa dilaksanakan,” kata Riza, Jumat (15/1/2021). (rko)