Suasana penghitungan suara pemilihan RT dan RW di Perumahan Griya Praja Karimun, siang tadi. (ist)

Karimun, Lendoot.com – Pemilihan presiden, pemilihan legislatif, dan pemilihan kepala daerah secara serentak di Indonesia sudah berakhir untuk periode tahun ini. Hanya saja di Perumahan Griya Praja Karimun (GPK), pemilihan serentak masih dilakukan. Pemilihan di laksanakan, Minggu (17/1/2021).

Pemilihan serentak dimaksud bukan pemilihan ulang untuk Pilkada Karimun, apalagi pemilihan ulang legislatif. Pemilihan serentak dimaksud adalah pemilihan serentak untuk memilih Ketua RW dan Ketua RT di perumahan tersebut.

Bertempat di Aula Canggai Puteri, penghuni perumahan yang banyak dari kalangan pegawai itu berduyun-duyun datang ke tempat pemungutusan suara (TPS). Sejak pukul 08.00 WIB, sejumlah warga sudah hadir untuk memberikan hak suaranya.

Persis seperti Pilpres atau Pilkada lainnya, tahapan pemilihan sedikit banyak tahapan Pemilihan Umum biasanya. Ada masa pencalonan, penetrasi calon, kampanye dan diakhiri dengan mempersembahkan hak suara para pemilih.

Suarat Suara Pemilihan RW 06
Surat Suara Pemilihan RT 01
Surat Suara Pemilihan RT 02

“Masing-masing calon diberi jadwal kampaye sejak tanggal 11 Januari 2021. Setelah itu, tak ada masa tenang langsung tadi tanggal 17 Januari 2021 pencoblosannya,” kata Syarifuddin sebagai salah seorang panitia pemilihan tersebut.

Para calon adalah warga yang ingin mencalonkan diri sebagai RT atau RW. Para calon wajib mendaftar ke panitia dan atau boleh dicalonkan orang lain dengan sarat calon yang diusungkan setuju, dan bersedia dijadikan sebagai calon.

“Kemudian calon menyerahkan foto warna 3X4 satu lembar ke panitia,” jelas Syarif.

Sementara ketentuan lain yang bisa mencalonkan diri sebagai calon RT atau RW Komplek GPK, para calon wajib sebagai warga tetap yang berdomesili di Komplek GPK. Ini ditunjukkan dengan KTP beralamat KTP Komplek GPK.

Jumlah suara yang diperebutkan para pasang calon adalah sesuai jumlah KK (kepala keluarga) yang terdapat di komplek tersebut. Di RT 01 sebanyak 107 KK dan di RT 02 terdapat 94 KK.

Sementara calon yang tepat dalam pemilihan serentak tersebut, di antaranya untuk calon RW ada nama; Trio Wiramon untuk calon nomor urut 1, Zulkifli nomor urut 02, dan H Muhd ​​Yamin untuk calon nomor urut 3.

Sementara untuk pemilihan Calon Ketua RT 01, ada nama Chotib Mustafa dengan nomor urut 01 dan Juniarti dengan nomor urut 02. Sementara untuk calon RT 02 ada nama Roma Budiawan dengan nomor urut 02 dan Muhammad Ikhsan dengan nomor urut 02.

Setelah pencoblosan, para calon RT dan calon RW langsung menyaksikan kemenangan dan kekalahannya. Sebab hanya 1 TPS yang dihitung.

Di akhir penghitungan suara, nama Trio Wiramon mendapatkan suara terbanyak untuk calon RW dengan perolehan 133 suara. Untuk RT 01 suara terbanyak diraih Chotib Mustafa dengan 104 suara dan di RT 01 Muhd ​​Ikhsan mendapat 94 suara.

Dari hasil itu, pada hari itu juga para calon langsung ditetapkan jabatannya sesuai dengan keinginan masyarakat pemilih yang disuarakan melalui TPS tersebut. (msa)