Karimun, Lendoot.com – Bandara Raja Haji Abdullah (RHA) usulkan pemindahan sementara rute maskapai penerbangan perintis Susi Air dari Pekanbaru ke Dabo Singkep.

Usulan pemindahan itu dilakukan mengingat Bandara Pekanbaru ditutup hingga bulan Juni mendatang atau selama masa Pandemi Covid-19.

Penerbangan perintis Susi Air dari Karimun tujuan Pekanbaru dan sebaliknya, telah dihentikan sejak Pekanbaru, Provinsi Riau menerapkan Permbatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Penghentian itu sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 25 Tahun 2020. Dalam Permenhub itu penerbangan ke dan dari zona merah Covid-19 atau yang tengah memberlakukan PSBB sementara dihentikan.

“Saat ini untuk tujuan Dabo masih berjalan, Pekanbaru yang dihentikan sementara. Rencananya, kita mau mengusulkan rute Pekanbaru dipindah ke Dabo, mengingat PKU tidak bisa terbanh sampe Juni awal,” kata Kepala Kelompok Teknisi Bandara RHA, Kukuh Arityanto, Sabtu (25/4/2020).

Ia mengatakan, rencana pemindahan rute itu baru diusulkan Kepala Bandara RHA Fanani Zuhri kepada KPA Dabo Singkep. Nantinya, apabila disetujui maka rute pekanbaru sementara ini dialihkan ke Dabo selama Pandemi COVID-19.

“Baru diusulkan ke KPA Dabo, tadi pak Kabandara langsung menghubungi. Apabila ada perkembangan soal ini akan kita kabari lagi,” katanya.

Diketahui, saat ini Bandara Raja Haji Abdullah hanya memiliki penerbangan perintis dari maskapai Susi Air dengan rute penerbangan Karimun tujuan Pekanbaru, Karimun tujuan Dabo Singkep dan sebaliknya.

Terhitung sejak Pekanbaru menerapkan PSBB, saat ini bandara Raja Haji Abdullah hanya melayani penerbangan ke Dabo Singkep dan sebaliknya, sedangkan rute Karimun tujuan Pekanbaru telah dihentikan. (rk)