Karimun, Lendoot.com – Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Tulang, Kecamatan Karimun membuat posko desa anti api, Jumat (16/8/2019).

Pembentukan posko desa anti api dilakukan oleh Bripka N. Rinaldy dan Kopda Budiono di kawasan kebun milik masyarakat Desa Tulang.

Dalam kegiatan tersebut mereka juga mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan pencegahan kebakaran lahan dan hutan.

Posko desa anti api ini dilengkapi dengan pemadam api seperti pompa air, semprot air, selang air dan sepatu bot yang diserahkan langsung kepada Kepala Desa Tulang, Kasman Zainal.

Kapolsek Balai Karimun AKP Budi Hartono menjelaskan, dengan terbentuknya posko desa anti api ini atas terjalinnya sinergitas dan koordinasi tiga pilar yaitu, TNI-Polri dan masyarakat.

“Kita coba bentuk satuan tugas Karhutla di desa tulang dengan tujuan agar masyarakat dapat cepat tanggap tapabila terjadi kebakaran di dearah tersebut,” jelasnya.

Menurut Budi, terbentuknya posko desa anti api ini mengingat minimnya alat pemadam api di desa tersebut.

“Apa lagi di Desa Tulang ini tidak ada Damkar, jadi kami mengusahakan memberikan mesin air, selang, alat semprot dan sepatu bot untuk di pergunakan satgas mengntisipasi dan mencegah terjadinya kebakaran lahan dimusim kering ini,” ujarnya. (riandi)