Karimun, Lendoot.com – Keberadaan tanaman enceng gondok di Danau Taman Hijau Karimun dianggap menganggu pemandangan masyarakat saat bersantai di wilayah itu.

Tanaman enceng gondok dengan nama latin Eichhonia Crassipes itu telah lama berada di wilayah itu dan semakin hari terus bertambah hingga menutupi pinggiran danau tempat masyarakat biasanya menghabiskan waktu bersama keluarga.

Kondisi itu menarik perhatian Danlanal Karimun Letkol Laut (P) Maswedi, Ia langsung memerintahkan jajarannya untuk berinisiatif bergotong royong dengan berbagai elemen masyarakat untuk membersihkan tanaman tersebut.

“Ini jadi keresahan warga, Eceng Gondok yang tumbuh di Danau Taman Hijau ini sangat cepat dan hampir menutupi danau. Sehingga kita mempelopori aksi ini,” ujar Danlanal TBK, Letkol Laut (P) Maswedi, Jumat (19/2).

Dalam aksi ini, lima unit perahu karet diterjunkan ke lokasi. Sedikit demi sedikit para petugas yang terlibat berupaya menjangkau tanaman yang mengapung. Setelah perahu karet penuh, kemudian membawanya ke tepian Danau.

“Pembsrsihan ini kita gunakan perahu karet dan kemudian dibawa ke daratan untuk dibuang. Ini sedikit menganggu, dan masyarakat juga ternganggu,”katanya.

Pada kegiatan itu, Lanal Karimun juga bekerjasama dengan Polres Karimun, unsur pemerintahan, Basarnas, Ormas, Komunitas dan Masyarakat.

“Acara ini semoga bisa menggugah seluruh masyarakat semuanya untuk terus mengupayakan membuat daerah kita ini nyaman,” kata Maswedi. (rko)