2023, Disdik Tanjung Pinang Sulit Naikkan Gaji Guru PTK Non-ASN

Sekretaris Disdik Pemerintah Kota Tanjung Pinang Saparalis. (ft sijoritoday)

Tanjung Pinang, Lendoot.com – Harapan Tenaga Kependidikan (PTK) Non-ASN khusus guru agar mendapat kenaikan gaji pada 2023, sepertinya akan tinggal harapan belum dapat dilakukan.

Ini setelah Sekretaris Dinas Pendidikan Pemerintah Kota Tanjung Pinang Saparilis mengatakan, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Tanjung Pinang belum mampu untuk mendukung kenaikan gaji guru PTK Non-ASN tersebut.

“Untuk Tanjung Pinang sendiri masih mempersiapkan, mudah-mudahan ke depan kemampuan daerah kita dimungkinkan untuk kenaikan, baru mungkin akan kita ajukan,” katanya seperti dikutip dari sijoritoday, Kamis (19/1/2023).

Per Oktober 2023, Pemko Tanjung Pinang tercatat memiliki sebanyak 835 orang PTK Non-ASN yang meliputi guru dan tenaga kependidikan.

PTK non-ASN ini memiliki besaran gaji yang variatif, tamatan Strata 1 mendapat Rp2.127.500, untuk Diploma 3 Rp2.012.500, dan SMA Rp1.900.550.

“Itulah kemampuan daerah kita terhadap guru-guru kita yang non-PNS, mudah-mudahan ke depan anggaran kita memungkinkan. Itu tergantung PAD dan persetujuan dari pimpinan yakni Wali Kota untuk sementara angkanya masih segitu,” ujarnya.

Berbeda dengan Pemko Tanjung Pinang, Pemprov Kepri justru menaikkan gaji guru PTK non-ASN sebesar Rp100 ribu pada 2023 ini.

Dengan kenaikan itu, gaji guru PTK Non ASN SMA sederajat di tahun 2023 menjadi Rp2,5 juta per bulan. (*/amr)