Ketua Komisi I DPRD Batam Budi Mardiyanto. (ist)

Batam, Lendoot.com – Ketua Komisi I DPRD Batam Budi Mardiyanto menyampaikan usulan dalam laporan pansus pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) perubahan Perda nomor 8 Tahun 2016 tentang RPJMD kota Batam 2016-2021 sekaligus pengambilan keputusan Pada Selasa (7/1/2020) di Gedung Paripurna DPRD Batam.

Budi mengatakan dalam usulannya menginginkan terbentuknya tim pemanrau orang asing, sehingga dengan adanya tim pemantau orang asing ini akan menjadi lebih mudah terdata lagi.

“Sebab kita kan nggak tau mereka ke Batam mau ngapain, apakah mereka kerja atau berkunjung ke Batam saja, inilah yang perlu kita pantau,” kata Budi Mardiyanto, Ketua Komisi I DPRD Batam Selasa (7/1/2020) di Ruang kerjanya.

Ia menyebut jika mengandalkan Dinas tenaga kerja atau Imigrasi Batam, saya rasa ini tidak akan mampu. Jadi kehadiran tim pemantau ini akan membantu kita juga,”sebutnya.

“Mereka nanti akan bekerja sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) jadi ada laporan kerja yang harus mereka siapkan setiap hari.

Disampaikan Budi, Tim pemantau orang asing nantinya beranggotakan perwakilan dari instansi atau lembaga pemerintah, baik dipusat maupun daerah.

“Jadi, Untuk kelancaran pelaksanaan kerja tim pemantauan orang asing, nantinya perlu dukungan dengan pendanaan yang bersumber dari ABPD kota Batam,”ujar Budi.

Budi berharap, yang jelas usulan ini sudah disampaikan kepada pak Wakil Walikota Batam H Amsakar Achmad. Besok pas paripurna lagi, semoga disetujui. Sebab Kita menginginkan kalau ini menjadi perhatian khusus bersama,”tutupnya. (Taufik chan)