Ilustrasi kapal nelayan saat melintas di perairan Karimun, belum lama ini. (dok lendoot)

Karimun, Lendoot.com – Satpolairud Polres Karimun, Polda Kepulauan Riau imbau nelayan untuk selalu waspada terhadap kondisi cuaca di Perairan Karimun.

Kasat Polairud Polres Karimun AKP Binsar Samosir mengatakan, dalam kurun waktu satu bulan terakhir terdapat beberapa peristiwa kecelakaan di laut Karimun akibat oleh faktor cuaca.

Kondisi itu harus menjadi perhatian bagi nelayan dan penyedia jasa angkutan laut di Karimun, agar lebih mementingkan faktor keselamatan.

“Nelayan maupun penyedia jasa angkutan laut harus memperhatikan faktor cuaca, tidak memuat barang melebihi kapasitas dan juga selalu menyiapkan alat keselamatan seperti life jacket,” kata Binsar, belum lama ini.

Binsar mengatakan, saat ini kondisi kondisi cuaca berubah- ubah, sehingga nelayan diminta untuk selalu memantau perkembangan cuaca ketika di laut maupun saat hendak berangkat.

“Bagi nelayan yang sedang di laut, langsung mencari tempat aman seperti pulau- pulau terdekat. Jangan memaksakan diri, keselanatan merupakan hal utama,” kata Binsar.

Ia berharap kesadaran masyarakat nelayan dalam mengutamakan keselamatan terus dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan laut.

“Hubungi call center Polres Karimun di 110. Apabila membutuhkan bantuan nelayan bisa hubungi nomor itu, tiap saat pasti bisa dihubungi,” katanya. (rko)