Ilustrasi virus Covid-29 varian Omicron./net

Karimun, Lendoot.com – Tujuh Warga Negara Asing (WNA) yang terkonfirmasi Positif Covid-19 dipastikan Negatif Omicron.

Ketujuh WNA itu diketahui baru selesai liburan saat Natal dan Tahun Baru 2022. Mereka terkonfirmasi positif setelah hasil swab saat pulang ke Kabupaten Karimun menunjukkan hasil positif.

Kepala Dinas Kesehatan Karimun Rachmadi mengatakan, pihaknya telah menerima hasil pemeriksaan sampel terhadap ketujuh WNA yang terkonfirmasi positif Covid-19 dari Badan Teknis Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Batam.

“Dari hasil sampel yang kami kirimkan ke BTKL-PP Batam, ketujuh WNA itu negatif Omicron,” kata Rachmadi, Selasa (11/1/2022).

Ia mengatakan, pengiriman sampel tersebut bertujuan untuk mengantisipasi masuknya varian baru Omicron di Kabupaten Karimun. Sehingga, sejak ketujuh WNA itu terkonfirmasi, pihaknya langsung mengirimkan sampel untuk memastikannya.

“Tiga hari lalu sudah dikirimkan, dan baru tadi malam keluar. Kami terus mengupayakan langkah- langkah antisipasi agar tidak ada penyebaran,” katanya.

Rachmadi menyebutkan, ketujuh pasien tersebut saat ini sedang menjalani Isolasi Mandiri langsung dibawah pengawasan pihak perusahaan tempat WNA tersebut bekerja.

“Dalam pengawasan perusahaan. Kondisi mereka baik- baik saja, dan mereka pun terkonfirmasi tanpa gejala,” kata Rachmadi.

Hingga saat ini, kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Karimun sebanyak 5.495 orang. Dengan rincian 5.327 pasien sembuh, 161 pasien meninggal dunia dan 7 kasus aktif.(rko)