Pemudik saat arus balik menggunakan kapal Pelni di Batam. (ddh)

Batam, Lendoot.com – Kapal Motor (KM) Kelud kembali melayani penumpang dari Belawan Sumatera Utara tujuan pelabuhan Batu Ampar Batam, Kepri, Jumat (6/5/222).

Di hari pertama arus balik mudik lebaran tahun 2022 ini KM Kelud menurunkan penumpang sebanyak 1956 orang di pelabuhan Batu Ampar Batam.

Ribuan penumpang tersebut merupakan warga Medan yang sudah bertahun-tahun berdomisili di Kota Batam.

Selain bekerja sebagai karyawan, mereka juga pada umumnya sudah memiliki usaha seperti kios sembako dan penjual sayur mayur di pasar Tos 3000 Nagoya, Batam.

Masyarakat yang pulang ke Batam pada hari ini adalah mereka yang mengambil masa cuci hingga Minggu ini. Dan Senin depan sudah masuk kerja ataupun melakukan aktivitas lainnya.

“Kami sekeluarga sengaja pulang hari ini ke Batam, karena masa cuti hanya di kasih hingga Minggu (8/5/2022) saja,” kata Aris Jumat (6/5/2022).

Ia mengaku pada hari pertama arus balik mudik ke Batam memang sangat dramatis.

Aris harus rela dorong-dorongan hingga mengikuti antrian yang panjang untuk bisa naik ke atas kapal.

Kendati demikian, ia mengaku tidak akan kapok karena baginya, itu adalah seni dalam melakukan mudik lebaran.

“Saya memang tergolong nekat ingin mudik, karena sudah dua tahun tidak mudik lebaran akibat Covid-19,” akunya.

Ketika sudah berhasil turun dari kapal tak henti-hentinya Aris mengucap syukur atas keselamatan selama  melakukan mudik.

Saat pergi dan pulang lagi ke Batam Alhamdulillah tidak ada rintangan berati yang dialami oleh Aris sekeluarga.

Pantauan Lendoot.com di Dermaga Selatan tampak ribuan orang turun dari atas kapal.

Saking banyaknya penumpang, pihak KM Kelud dan PT Pelni cabang Batam harus membuka dua pintu yakni haluan dan buritan, yang berada di dek 4 lambung kiri. Untuk kelancaran penumpang yang hendak turun.

Proses turunnya penumpang juga harus membutuhkan waktu kurang lebih satu jam karena penumpang yang hendak keluar dari kapal harus mengantri satu persatu baik di pintu keluar hingga saat turun di atas tangga.

Meski begitu terlihat penumpang yang turun dari atas kapal tampak teratur dan mereka mengikuti arahan dari petugas keamanan. (ddh)