Ilustrasi flu. (www.gov.uk

MEDIAKEPRI.co –  Setidaknya setiap orang pasti mengalami namanya terserang flu atau influenza.

Banyak yang menganggap flu sebagai sakit biasa, tetapi jika dibiarkan berlarut tentu mengganggu aktivitas harian dan bisa saja menjadi berbahaya.

 Jika flu dibiarkan, maka infeksi virus flu dapat menyerang saluran pernapasan, terutama pada hidung, tenggorokan, dan paru-paru.

Seseorang dapat mengalami flu akibat alergi, yang menjadi pemicunya adalah debu dan bulu binatang.

Ada tips yang bisa anda lakukan jika gejala-gejala flu mulai dirasakan tubuh kita.

Dilansir PikiranRakyat-Indamayu.com dari cuitan akun pribadi Rizal do @afrkml pada Rabu, 13 Oktober 2021, memberikan beberapa tips jika merasakan akan terkena flu sebelum muncul gejala.

Ketika anda mendengar atau membaca kata flu memang sangat tidak asing dengannya.

Pasalnya, flu atau influenza ini seringkali menyerang orang-orang setidaknya sekali seumur hidup. Bahkan ada juga yg mengalami satu tahun sekali dan sangat tidak tentu.

Terkadang flu dianggap sebagai hal biasa, namun jika di biarkan begitu saja dan tidak ditangani dengan tepat akan sangat berbahaya.

Baca Juga: Gugus Tugas Covid-19 Latih Peningkatan Kapasitas untuk Seribu Relawan di Sumbar

Skit flu atau influenza terjadi karena infeksi virus yang menyerang pernapasan, terutama pada Hidung, Tenggorokan, dan Paru-paru.

Seseorang dapat mengalami flu akibat alergi, yang menjadi pemicunya adalah debu dan bulu binatang.

Adapun beberapa tips yang bisa anda lakukan saat sudah merasakan akan terkena flu.

Dilansir PikiranRakyat-Indamayu.com dari cuitan akun pribadi Rizal do @afrkml pada Rabu, 13 Oktober 2021, memberikan beberapa tips jika merasakan akan terkena flu sebelum muncul gejala.

“Buat kamu yg merasa bakal pilek atau flu (pasti masing-masing bisa ngerasain tandanya), segera perbanyak minum air putih. Perbanyak juga minum air hangat campur madu,lemon,jahe,gula doang terserah, dan minum-minuman hangat 2-3x tiap pagi dan sore,” demikian cuitnya Rizal.

Memang benar apa yang dikatakan, banyak manfaat bagi tubuh dengan mengkonsumsinya, antara lain:

1. Perbanyak minum air putih

Air banyak manfaatnya bagi tubuh, seperti meningkatkan fungsi tubuh, membersihkan racun, dan menyehatkan pencernaan.

2. Madu

Minum air madu hangat secara teratur dapat memberikan manfaat seperti, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menyembuhkan flu dan batuk, meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan energi.

Baca Juga: Hari Ini dalam Sejarah 13 Oktober, Salah Satunya Lahirnya Jimin BTS

3. Lemon

Minum air lemon hangat dapat memberikan manfaat seperti, menjaga tetap terhidrasi, menyehatkan pencernaan, mencegah batuk dan flu.

4. Jahe

Minum air jahe hangat dapat memberikan manfaat seperti, sebagai pelancaran pernafasan, meningkatkan imunitas tubuh, menghangatkan tubuh, pencegah flu.

5. Gula Merah

Minum air gula merah hangat dapat memberikan manfaat seperti, meningkatkan kekebalan tubuh, sebagai antiseptik, meredakan flu.

Itulah beberapa manfaat yang didapatkan bagi tubuh dalam mengkonsumsinya.***

Artikel ini telah  tayang di indramayu.pikiran-rakyat.com dengan judul

Jika Merasakan Tanda Akan Flu, Inilah 5 Minuman yang Harus Dikonsumsi

https://indramayu.pikiran-rakyat.com/gaya-hidup/pr-112790379/jika-merasakan-tanda-akan-flu-inilah-5-minuman-yang-harus-dikonsumsi