Satpolairud Polres Karimun telah beberapa kali melakukan kunjungan ke pulau- pulau terluar dan menjalin hubungan yang baik bersama masyarakat.

Karimun, Lendoot.com – Satuan Polisi Air dan Udara (Satpolairud) Polres Karimun melaksanakan kegiatan sambang nusa ke masyarakat di Perbatasan Republik Indonesia, Sabtu (25/9/2021).

Kegiatan itu bertujuan untuk menjalin silahturahmi bersama masyarakat di pulau terluar Indonesia sekaligus memastikan kondisi keamanan pulau terluar NKRI aman dan kondusif.

“Hari ini kami berkunjung ke Pulau Karimun Anak yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia. Kami ingin memastikan kondisi saudara- saudara disini dalam keadaan baik serta keamanannya juga kondusif,” kata Kasat Polairud Polres Karimun Iptu Binsar Samosir.

Ia mengatakan, tugas Satpolairud sebagai penegak hukum ialah memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat terkhususnya kepada warga yang tinggal di pulau- pulau terluar Indonesia.

BACA JUGA! Video si Bapak Angkat Banyak Barang Penumpang Diupah Rp50 Ribu, Viral

“Karena tugas dan tanggung jawab serta kewenangan Satpolairud adalah memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Binsar mengatakan, pihaknya telah beberapa kali melakukan kunjungan ke pulau- pulau terluar dan menjalin hubungan yang baik bersama masyarakat yang telah berpuluh tahun menetap di Pulau Karimun Anak tereebut.

“Kami selalu berkoordinasi melalui tatap muka maupun via ponsel. Sehingga, apabila terjadi permasalahan, masyarakat akan segera berkoordinasi dengan kami, dan selanjutnya cepat mengambil tindakan,” katanya.

BACA JUGA! Viral, Anggota DPRD Karimun Ketangkap Kamera Asyik Main Game Higgs Domino saat Rapat Bahas APBD-P 2021

Ia menyampaikan terimakasih kepada masyarakat yang telah bersedia menetap di pulau terluar tersebut dan bersama- sama menjaga wilayah teritorial Indonesia.

“Tentunya dengan keberadaan mereka disini sangat membantu kami dalam melakukan tugas pengawasan. Sehingga, memang sudah seharusnya kita terus menjalin hubungan bersama mereka untuk sama- sama menjaga wilayah ini,” katanya.

Pulau Karimun anak memiliki luas berkisar 8 kilometer persegi dan ditinggali sekitar 13 Kepala Keluarga.(rko)