Ka Rutan Karimun dan Ketua DPRD Karimun Muhammad Yusuf Sirat Panen Perdana Jagung hasil pertanian WBP.

Karimun, Lendoot.com – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Tanjungbalai Karimun, Kepulauan Riau menggelar panen raya komoditas jagung, Rabu (11/5/2022).

Panen raya perdana dari hasil tani warga binaan itu, dihadiri langsung oleh Ketua DPRD Karimun Muhammad Yusuf Sirat.

Panen tersebut dilakukan di atas lahan seluas 1 hektar di luar tembok Rutan Karimun yang kini disulap menjadi kebun holtikultura yang bernilai ekonomis.

“Total lahan untuk pertanian seluas 1 hektar, untuk komoditas jagung yang dipanen dari lahan seluas 500 m². Sisanya ada komoditas sawi, semangka, dan cabai,” kata Karutan Karimun Yohi Suhara, Kamis (12/5/2022).

Ia menjelaskan bahwa lahan yang sengaja dijadikan sebagai kebun holtikultura itu sebagai upaya pihaknya dalam memberikan pembinaan kepada warga binaan.

Khususnya, kata dia, bertujuan agar warga binaan memiliki keahlian untuk bertani komoditas holtikultura.

“Intinya sebagai bekal mereka setelah bebas nanti, contohnya dari yang awalnya tidak bisa menanam jagung menjadi bisa,” jelasnya.

Yogi menambahkan, pihaknya memerlukan waktu kurang lebih tiga bulan untuk berhasil memanen komoditas jagung tersebut.

Komoditas jagung yang berhasil dipanen kemudian akan dikonsumsi oleh seluruh warga binaan Rutan Karimun.

“Hasil panen akan dikonsumsi oleh warga binaan,  selain sebagai motivasi juga bentuk upaya kita mewujudkan ketahanan pangan ditengah pandemi Covid-19,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Karimun Muhammad Yusuf Sirat menyambut baik panen raya yang dilakukan oleh Rutan Karimun.

“Kita sambut baik karena hasil panennya sangat bagus, meski diatas lahan yang tidak luas dan juga dilakukan secara otodidak tanpa bimbingan penyuluh pertanian,” ujar Yusuf.

Yusuf mengatakan, pihaknya akan mendorong Dinas Pertanian untuk memberikan penyuluhan dan mendukung perkebunan holtikultura yang ada di Rutan Karimun.

“Kita akan minta Dinas Pertanian survei lahan yang ada di Rutan, apa yang dibutuhkan disini agar pertaniannya terpadu dan hasil panen semakin baik,” kata Yusuf.

Menurutnya, pemerintah daerah memang harus memberikan perhatian lebih kepada Rutan Karimun baik dari dukungan fisik maupun moril.

“Warga binaan yang ada didalam juga warga Karimun, kita berharap pemda perhatikan kebutuhan mereka. Hari ini saya datang berusaha membangun konsep kedepan untuk membantu warga kita didalam baik dari segi ekonomi, kesehatan dan lainnya,” ucap legislator Golkar tersebut.

(rko)