Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan saat audiensi dengan panitia festival satra di Kantor Bupati Bintan, siang tadi,. (ist)

Bintan, Lendoot.com – Sebanyak 350 penyair direncanakan tampil pada festival sastra internasional Gunung Bintan pada, 24-26 September 2022 mendatang.

Bertempat di Kijang Kecamatan Bintan Timur, berbagai persiapan digesa agar perhelatan akbar yang mendatangkan seniman dari negara negeri Jiran, Malaysia itu berlangsung sukses.

Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan mendukung kegiatan akbar tersebut. Bahkan dirinya sangat mengharapkan agar pagelran internasional itu bisa mengangkat nilai budaya Bintan agar lebih dikenal.

“Selain pariwisata, Bintan punya segudang budaya dan sejarah yang menjadi icon tersendiri bagi Bintan,” kata Roby, Selasa (9/8/2022).

Roby kemudian meminta agar Festival ini nantinya bisa mengangkat budaya dan sejarah Bintan agar kembali muncul ke permukaan. Tidak hanya dikenal oleh generasi muda Bintan sendiri, akan tetapi menjadi daya tarik bagi siapa pun.

Dari 350 penyair yang akan mengikuti festival ini, 133 penyair diantaranya merupakan peserta dari Malaysia (Kelantan, Sabah, Serawak) dan 20 Kota di luar Kepri (Jawa, Kalimantan, Sulawesi).

Seluruh peserta nantinya akan dibebaskan untuk berkeliling Kota Kijang, melihat kondisi Kota pasca pertambangan. Hingga akhirnya dimuat dalam syair, puisi, madah dan hikayat. (amr)