Penyerahan kartu tani beberapa waktu lalu. (ist)

Karimun, Lendoot.com – Pemerintah Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau menargetkan sebanyak 1.000 petani mendapatkan program kartu Tani dari Kementerian Pertanian.

Kartu tani merupakan sebuah kartu yang dirancang khusus untuk melakukan alokasi pupuk subsidi kepada kaum petani.

Di tahun 2020 lalu, terdapat 582 Petani telah mendapatkan program tersebut. Sementara, untuk tahun 2021 ditargetkan akan menyentuh 1.000 petani di Karimun.

“Jumlah petani kita sebanyak 5.000, dari jumlah itu kita targetkan pada tahun ini bisa menyalurkan sebanyak 1.000 kartu tani,” ujar Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Karimun, Sukrianto Jaya Putra, Senin (26/4/2021).

Sukri menyebutkan, saat ini pihaknya masih melakukan pendataan terhadap petani- petani yang belum menerima bantuan program tersebut.

Menurutnya, dalam proses pendataan terdapat sejumlah mekanisme dari Kementerian Kehutanan yang harus diikuti. Sehingga, pendataan tidak bisa dilakukan secara cepat.

“Kartu Tani ini, kita bekerjasama dengan Bank BRI dalam penyalurannya. Prosesnya tidak bisa cepat, karena ada beberapa tahapan yang harus kita ikuti,” katanya.

Sukri mengatakan,  antusias para petani di Karimun sangat bagus untuk memiliki kartu tani. Karena melalui kartu itu nantinya akan memberi kemudahan bagi petani, salah satunya terkait proses penebusan pupuk bersubsidi.

“Jika ada petani yang belum mendapatkan kartu ini, kita minta untuk segera berkoordinasi dengan penyuluh-penyuluh kami di masing-masing desa dan kelurahan,” katanya. (rko)